Install Virtualbox 5.1.14 Di Ubuntu

Install VirtualBox 5.1.14 (Terbaru) di Linux Ubuntu

VirtualBox atau Oracle VirtualBox yaitu sebuah aplikasi yang mempunyai kemampuan untuk men Install VirtualBox 5.1.14 di Ubuntu
Install VirtualBox 5.1.14 di Ubuntu
VirtualBox atau Oracle VirtualBox yaitu sebuah aplikasi yang mempunyai kemampuan untuk menjalankan mesin secara virtual di dalam sebuah mesin utama. Dengan begitu, kau bisa menjalankan atau menginstall sebuah sistem operasi di mesin secara virtual (tidak langsung) di dalam sebuah sistem operasi utama yang sedang kau gunakan.

Sebagai contoh, jikalau kau memakai sistem operasi GNU/Linux distro Ubuntu pada komputer kamu. Kamu juga bisa memakai sistem-sistem operasi lain pada komputer kau menyerupai sistem operasi Windows atau distro lain dari sistem operasi GNU/Linux di dalam distro Ubuntu yang kau gunakan tersebut. Tentunya sistem operasi lain tersebut dijalankan secara virtual dengan menciptakan sebuah mesin virtual memakai VirtualBox.


VirtualBox memungkinkan kau untuk menjalankan banyak mesin virtual pada aplikasi tersebut. Mesin-mesin yang dijalankan secara virtual tersebut tidak mempunyai perangkat-perangkat fisik yang nyata, hanya memakai perangkat-perangkat virtual yang bisa kau atur ketika menjalankan mesin virtual, perangkat-perangkat keras virtual tersebut diambil dari sumber daya perangkat-perangkat keras utama sistem.

Ada beberapa aplikasi lain menyerupai VirtualBox yang bisa menjalankan mesin secara virtual, diantaranya yaitu Vmware dan Microsoft Virtual PC. VirtualBox yaitu bisa aplikasi open source dan bisa dipakai secara gratis. Sebagai salah satu aplikasi open source, VirtualBox berada dibawah lindungan GPL 2 atau GNU General Public License versi 2.

Meski sebagai aplikasi open source dan bisa dipakai secara gratis, VirtualBox layak disebut sebagai salah satu aplikasi virtualisasi terbaik alasannya yaitu mempunyai banyak fitur-fitur yang sangat berkhasiat sebagai aplikasi virtualisasi dan terus akif dikembangkan dengan perbaikan fitur-fitur yang ada beserta dengan penambahan fitur-fitur yang baru.

VirtualBox yaitu aplikasi cross platform, yang bisa dipakai untuk aneka macam platform atau sistem operasi. VirtualBox bisa dipakai pada sistem operasi Windows, GNU/Linux, OS X , Solaris, OpenSolaris, OpenBSD dan lainnya.

Versi terbaru dari VirtualBox yaitu VirtualBox 5.1.14 yang dirilis pada 17 Januari 2017 yang lalu. Versi ini yaitu rilis minor yang merupakan perbaikan dan peningkatan dari VirtualBox versi sebelumnya, yaitu VirtualBox 5.1. Kamu bisa melihat Change Log dari perilisan VirtualBox disini.


     style="display:inline-block;width:336px;height:280px"
     data-ad-client="ca-pub-9201441298846648"
     data-ad-slot="9498606412">


Install VirtualBox 5.1.14 di Ubuntu

Untuk menginstall versi terbaru dari VirtualBox yaitu VirtualBox 5.1.14, kau bisa menginstallnya dengan menggunakan Apt repository, sehingga kau akan mendapat pemberitahuan melalui Software Updater ketika terbaru dari VirtualBox sudah tersedia.


Namun sebelum menginstall VirtualBox versi terbaru, pastikan terlebih dahulu tidak ada versi usang dari VirtualBox yang terinstall di komputer kamu. Jika masih terinstall versi usang dari VirtualBox di komputer kamu, kau sanggup menghapusnya dengan cara berikut.

Buka Terminal dengan menekan kombinasi keyboard / shortcut CTRL + ALT + T atau buka Terminal melalui hidangan aplikasi. Kemudian masukkan perintah berikut di Terminal untuk menghapus atau remove versi usang VirtualBox tersebut:

sudo apt remove virtualbox virtualbox-5.0 virtualbox-4.*

Tunggu proses remove atau peniadaan aplikasi sampai selesai. Kemudian tambahkan apt repository dari VirtualBox. Masukkan sesuai dengan versi Ubuntu yang kau gunakan. Kamu bisa meng-copy perintah tersebut dan kemudian melaksanakan paste di Terminal dengan menekan kombinasi keyboard / shortcut CTRL + SHIFT + V.

Untuk Ubuntu 16.04 LTS:

sudo sh -c 'echo "deb http://download.virtualbox.org/virtualbox/debian xenial contrib" >> /etc/apt/sources.list.d/virtualbox.list'

Untuk Ubuntu 15.10

sudo sh -c 'echo "deb http://download.virtualbox.org/virtualbox/debian wily contrib" >> /etc/apt/sources.list.d/virtualbox.list'

Untuk Ubuntu 15.04

sudo sh -c 'echo "deb http://download.virtualbox.org/virtualbox/debian vivid contrib" >> /etc/apt/sources.list.d/virtualbox.list'

Untuk Ubuntu 14.04 LTS

sudo sh -c 'echo "deb http://download.virtualbox.org/virtualbox/debian trusty contrib" >> /etc/apt/sources.list.d/virtualbox.list'

Setelah selesai, kemudian download atau tambahkan public key dari Oracle VirtualBox biar bisa melaksanakan konfirmasi untuk melaksanakan download dengan kondusif dengan memakai perintah berikut :

wget -q https://www.virtualbox.org/download/oracle_vbox_2016.asc -O- | sudo apt-key add -

wget -q https://www.virtualbox.org/download/oracle_vbox.asc -O- | sudo apt-key add -

Kemudian lakukan update repository untuk memperbaharui repository dan menambahkan daftar-daftar aplikasi dengan memakai perintah berikut :

sudo apt-get update

Terakhir, install VirtualBox dengan memakai perintah berikut :

sudo apt-get install virtualbox-5.1

Tunggu proses instalasai sampai selesai dan pastikan tidak terjadi error pada ketika proses instalasi.


Jika proses instalasi sudah selesai, kau sanggup membuka VirtualBox melalui Dash Ubuntu dan mulai memakai VirtualBox.



0 Response to "Install Virtualbox 5.1.14 Di Ubuntu"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel