Install Gimp 2.8.20 Di Ubuntu

Install GIMP 2.8.20 (Terbaru) di Ubuntu, Aplikasi Editing dan Manipulasi Gambar Alternatif Photoshop

 Aplikasi Editing dan Manipulasi Gambar Alternatif Photoshop Install GIMP 2.8.20 di Ubuntu
Install GIMP 2.8.20 di Ubuntu
 GIMP atau abreviasi dari GNU Image Manipulation Program yaitu sebuah aplikasi editing foto atau manipulasi gambar yang open-source dan gratis. Sebagai aplikasi editing poto atau manipulasi gambar yang gratis dan open-source, GIMP dijadikan sebagai alternatif dari aplikasi Adobe Photoshop yang merupakan aplikasi editing poto atau manipulasi gambar berlisensi.

Menjadikan GIMP sebagai alternatif sangat masuk nalar bagi pengguna-pengguna biasa yang tidak menggunakannya setiap hari – kecuali kau yaitu seorang profesional dan bekerja di bidang tersebut – mengingat lisensi dari Adobe Photoshop tidak murah, dan pengguna harus melaksanakan pembayaran lisensi tersebut per bulan.


Terlebih bila kau yaitu pengguna sistem operasi GNU/Linux dan pecinta open-source, kau tentu tidak akan berpikir banyak untuk memakai GIMP, dibandingkan memakai Adobe Photoshop.

Pada awal peluncurannya, GIMP yaitu aplikasi khusus untuk sistem operasi GNU/Linux. Namun kini ini, GIMP yaitu aplikasi yang cross-platform, tidak hanya untuk sistem operasi GNU/Linux, GIMP juga tersedia untuk dipakai di sistem operasi Windows dan OS X.

Gambar atau foto yang dibentuk dengan memakai aplikasi GIMP di simpan dalam format XCF, yang kemudian sanggup diekspor ke dalam banyak sekali format gambar menyerupai png, jpg, gif, pdf, svg, tiff, bmp dan banyak lainnya.

GIMP pertama kali dirilis pada Tahun 1996, tepatnya bulan januari, yang berarti GIMP sudah ada dan dikembangan semenjak lama. Dalam pengembangannya GIMP mempunyai fitur-fitur dan plugin yang sangat banyak sehingga sanggup memudahkan penggunanya dalam melukan editing foto.

Versi terbaru dari GIMP versi stable yaitu GIMP 2.8.20 yang dirilis pada 1 Februari 2017 lalu. GIMP 2.8.20 yaitu rilis minor yang merupakan pembaruan dan perbaikan dari versi sebelumnya yaitu GIMP 2.8.18. Untuk melihat perubahkan dan perbaikan dari GIMP 2.8.18 ke GIMP 2.8.20, silahkan klik link ini.

GIMP bahwasanya sudah merilisi versi 2.9.4, namun GIMP 2.9.4 yaitu GIMP versi development yang akan menjadi pola untuk perilisan GIMP versi stable selanjutnya, GIMP 3.0 (GIMP tidak jadi merilis GIMP 2.10). Dan kami menganjurkan untuk memakai GIMP versi stable.




Install GIMP 2.8.20 di Ubuntu dan Turunannya

Untuk menginstall GIMP versi stable terbaru, GIMP 2.8.20 melalui PPA repository. Buka Terminal dengan menekan shortcut / kombinasi CTRL + ALT + T pada keyboard atau buka Terminal melalui Dash Ubuntu atau sajian aplikasi.

Ketikkan atau paste perintah berikut di Terminal untuk menambahkan repository GIMP (bukan official dan untrusted) berikut:

sudo add-apt-repository ppa:alex-p/gimp

Kemudian lakukan update untuk menambahkan daftar paket terbaru yang ditambahkan dari repository tadi dengan mengetikkan perintah berikut :

sudo apt-get update

Setelah berhasil melaksanakan update, install GIMP 2.8.20 di komputer kau dengan perintah berikut :

sudo apt-get install gimp

Tunggu proses instalasi sampai selesai. Setelah proses instalasi GIMP akibat dan tidak ada error, kau sanggup membuka aplikasi GIMP melalui Dash Ubuntu atau melalui sajian aplikasi. Selamat memakai GIMP terbaru.


Untuk melaksanakan uninstall GIMP dari komputer kau (yang kau install dengan memakai tutorial ini), ketikkan perintah berikut di Terminal :

sudo add-apt-repository -r ppa:alex-p/gimp
sudo apt-get update
sudo apt-get remove gimp

Tunggu proses remove atau abolisi GIMP sampai selesai.



0 Response to "Install Gimp 2.8.20 Di Ubuntu"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel