Install Stacer Di Ubuntu, Aplikasi Untuk Optimalisasi Sistem

Install Stacer di Ubuntu, Aplikasi Untuk Optimalisasi Sistem

Stacer ialah sebuah aplikasi ultilitas bersifat  Install Stacer di Ubuntu, Aplikasi Untuk Optimalisasi Sistem
Tampilan Stacer
Stacer ialah sebuah aplikasi ultilitas bersifat open source yang dibentuk untuk mengoptimalkan sistem dan sumber daya pada sebuah perangkat (resource).

Stacer dibentuk dengan salah satu framework yang terkenal dan banyak dipakai dikala ini dalam pengembangan-pengembangan aplikasi, yaitu Electron.

Dengan memakai Stacer, kau sanggup melihat penggunaan sumber daya pada sebuah perangkat atau sistem. Kemudian kau sanggup melaksanakan optimalisasi dengan cara menghapus caches atau file-file sampah yang tidak penting, menghapus atau uninstall aplikasi yang tidak dibutuhkan.


Kamu juga sanggup menghentikan proses sistem atau sebuah service yang sedang berjalan di latar belakang -- yang berdasarkan kau tidak perlu dijalankan sehingga sanggup menghemat penggunaan sumber daya, tentu saja kau sanggup menghidupkan kembali proses sistem atau service tersebut kembali dengan memakai Stacer.

Jika kau membutuhkan atau sedang mencari aplikasi yang sanggup membantu kau dalam mengoptimalkan penggunaan komputermu, kau sanggup memakai Stacer.

Stacer ialah aplikasi yang open source, ringan, gampang digunakan. Ditambah lagi Stacer mempunyai tampilan atau desain interface yang sangat manis sehingga sangat nyaman untuk digunakan.


     style="display:inline-block;width:336px;height:280px"
     data-ad-client="ca-pub-9201441298846648"
     data-ad-slot="9498606412">


Menu dan Cara Menggunakan Stacer untuk Optimalisasi Ubuntu

Stacer mempunyai 6 sajian utama yang mempunyai kegunaannya masing-masing dalam melaksanakan optimalisasi sistem.

Dashboard - Untuk Melihat Statistik Penggunaan Sumber Daya

Stacer ialah sebuah aplikasi ultilitas bersifat  Install Stacer di Ubuntu, Aplikasi Untuk Optimalisasi Sistem
Menu Dashboard Stacer
Menu pertama ialah Dashboard, Dashboard ialah tampilan yang pertama kali akan muncul ketika kau membuka Stacer.

Dashboard tersebut menampilkan statistik penggunaan sumber daya pada perangkat, ibarat berapa persen (%) CPU yang sedang dipakai oleh sistem, berapa jumlah RAM yang dikala ini dipakai dari total sumber daya, berapa ruang kosong yang dipakai dan yang masih tersedia pada penyimpanan, serta statistik penggunaan atau kecepatan jaringan yang disajikan secara real-time, mencakup kecepatan download dan upload.


Statistik-statistik tersebut disajikan dalam bentuk yang sangat manis dan berwarna, sehingga menciptakan Dashboard nyaman untuk dilihat.

System Cleaner - Untuk Menghapus File Sampah

Stacer ialah sebuah aplikasi ultilitas bersifat  Install Stacer di Ubuntu, Aplikasi Untuk Optimalisasi Sistem
Menu System Cleaner di Stacer
Menu selanjutnya ialah System Cleaner. Pada sajian ini kau sanggup membersihkan file-file sampah, diantaranya :
  • Caches apt
  • Caches aplikasi
  • Laporan crash atau kerusakan
  • Dan log sistem
Caches apt, laporan crash, dan log sistem sanggup dihapus dengan aman. Ketiga file tersebut tidak akan menjadikan dilema kepada sistem jikalau kau menghapusnya. Tapi, kau harus sedikit berhati-hati jikalau ingin menghapus caches aplikasi, kau harus benar-benar menghapus file-file caches aplikasi yang tidak penting.

Untuk melaksanakan scan biar menemukan file-file sampah tersebut, pilih jenis file-file sampah yang ingin kau cari, kemudian tekan tombol “System Scan” yang ada pada sisi kiri aplikasi. Kemudian Stacer akan menampilkan file-file sampah ada pada sistem, yang mungkin ingin dihapus.

Untuk menghapusnya, pilih terlebih dahulu file-file yang ingin kau hapus. Kemudian tekan tombol “Clean” pada bab bawah aplikasi.


Startup Apps - Untuk Mematikan Aplikasi yang Berjalan Otomatis Saat Startup

Stacer ialah sebuah aplikasi ultilitas bersifat  Install Stacer di Ubuntu, Aplikasi Untuk Optimalisasi Sistem
Menu Startup Apps di Stacer
Menu ketiga ialah Startup Apps, sajian ini menampilkan aplikasi-aplikasi atau service-service yang akan dijalankan otomatis pada dikala proses startup atau pada dikala perangkat dihidupkan. Service-service tersebut mempengaruhi kecepatan booting atau kecepatan menyala perangkat tersebut.

Kamu sanggup menentukan untuk menonaktifkan aplikasi-aplikasi atau service-service biar tidak dijalankan secara otomatis pada dikala proses startup, sehingga sanggup mempercepat kecepatan proses startup perangkat kamu.

Tapi kau juga harus hati-hati dalam menentukan aplikasi-aplikasi yang tidak sanggup dijalankan secara otomatis pada dikala proses startup oleh sistem, alasannya beberapa aplikasi ibarat aplikasi-aplikasi sistem utama memang harus dijalankan secara otomatis pada dikala proses startup atau pada dikala komputer dihidupkan.


     style="display:inline-block;width:336px;height:280px"
     data-ad-client="ca-pub-9201441298846648"
     data-ad-slot="9498606412">


System Services - Untuk Mematikan Service yang Berjalan di Latar Belakang

Stacer ialah sebuah aplikasi ultilitas bersifat  Install Stacer di Ubuntu, Aplikasi Untuk Optimalisasi Sistem
Menu Services di Stacer
Menu selanjutnya ialah sajian System Services, dalam sajian ini kau sanggup melihat service-service yang sedang berjalan pada sistem kau di latar belakang.

Kamu sanggup mematikan service-service yang kau anggap tidak diharapkan atau tidak tidak apa-apa jikalau dimatikan, sehingga sanggup menghemat penggunakan sumber daya perangkat kamu. Dengan begini, kau yang mempunyai perangkat dengan sumber daya yang terbatas sanggup sedikit terbantu dalam mengehemat penggunaan sumber daya.

Uninstaller - Untuk Uninstall Paket atau Aplikasi yang Tidak Perlu

Stacer ialah sebuah aplikasi ultilitas bersifat  Install Stacer di Ubuntu, Aplikasi Untuk Optimalisasi Sistem
Menu Uninstaller di Stacer
Menu keenam atau sajian terakhir ialah “Uninstaller”. Dalam sajian ini kau sanggup menghapus paket-paket yang terinstall pada perangkat kamu.

Stacer akan menampilkan daftar-daftar paket yang terinstall pada perangkat, mencakup aplikasi dan inti sistem. Kamu juga sanggup mencari paket-paket yang ingin kau hapus dalam kotak pencarian.

Untuk menghapusnya, cukup tekan icon tong sampah pada paket yang ingin kau hapus, kemudian Stacer menghapus paket tersebut secara otomatis.

Namun kau harus hati-hati sebelum menghapus atau menekan icon tong sampah tersebut. Karena ketika kau menekan icon tong sampah tersebut, Stacer akan pribadi menghapus paket yang kau pilih tanpa terlebih dahulu melaksanakan konfirmasi ibarat “Apakah kau yakin ingin meghapus” dan sebagainya.

Kaprikornus pastikan terlebih dahulu kau benar-benar menentukan paket yang benar sebelum menghapusnya.

Install Stacer Terbaru di Ubuntu dan Turunan untuk Optimalisasi Sistem

Versi terbaru dari Stacer ialah versi 1.0.6. Untuk menginstall Stacer di Ubuntu, kau sanggup men-download file “.deb” dari Stacer untuk menginstallnya di link ini, download sesuai dengan jenis arsitektur sistem operasi yang kau gunakan.

Atau buka Terminal pada Ubuntu kau dengan menekan shorcut/kombinasi CTRL + ALT + T pada keyboard atau melalui Dash Ubuntu / sajian aplikasi.


Kemudian masukkan (copy dan paste saja) perintah dibawah ini pada Terminal untuk men-download file “.deb” dari Stacer, sesuaikan dengan arsitektur sistem operasi yang kau gunakan.

Untuk 32 bit :

wget https://github.com/oguzhaninan/Stacer/releases/download/v1.0.6/Stacer_1.0.6_i386.deb

Untuk 64 bit :

wget https://github.com/oguzhaninan/Stacer/releases/download/v1.0.6/Stacer_1.0.6_amd64.deb

Tunggu proses download sampai selesai dan pastikan file berhasil terdownload dengan sempurna, kemudian ketikkan perintah berikut pada Terminal untuk menginstallnya :


Untuk 32 bit :

sudo dpkg -i Stacer_1.0.6_i386.deb

Untuk 64 bit :

sudo dpkg -i Stacer_1.0.6_amd64.deb

Tunggu proses instalasi sampai selesai dan tidak error. Setelah proses instalasi selesai, kau sanggup membuka Stacer melalui sajian aplikasi atau Dash Ubuntu. Setiap membuka Stacer, kau dimintai untuk memasukkan password untuk "sudo".


     style="display:inline-block;width:336px;height:280px"
     data-ad-client="ca-pub-9201441298846648"
     data-ad-slot="9498606412">

0 Response to "Install Stacer Di Ubuntu, Aplikasi Untuk Optimalisasi Sistem"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel