Cara Menciptakan Animasi Gif Memakai Terminal Di Linux

Cara Membuat Animasi GIF dari Video Menggunakan Terminal di Linux

Cara Membuat Animasi GIF dari Video Menggunakan Terminal di Linux  Cara Membuat Animasi GIF Menggunakan Terminal di Linux
Cara Membuat Animasi GIF Menggunakan Terminal di Linux
GIF yaitu sebuah sebuah format file gambar yang dapat bergerak. Format ini cukup terkenal dalam dunia internet terutama di sosial media. Facebook, Tumblr, Flickr, Google + dan sosial media lainnya mendukung konten berformat file ini, terlebih di Twitter, format file ini sangat terkenal dan banyak digunakan.


Jika kau bertanya bagaimana caranya menciptakan sebuah animasi GIF, kau dapat menciptakan file ini dengan memakai aplikasi atau layanan online yang dapat menciptakan GIF. Selain memakai aplikasi atau memakai layanan online, di Linux kau dapat menciptakan animasi GIF hanya dari Terminal.

Dengan hanya dua aplikasi atau tool sederhana di Linux, kau dapat menciptakan sebuah animasi GIF dari sebuah video yang kau inginkan. Aplikasi atau tool yang akan kita gunakan yaitu FFmpeg dan ImageMagick.

Yang kau butuhkan yaitu sebuah video yang cocok dijadikan animasi GIF, akan lebih baik bila video tersebut yaitu sebuah video yang lucu.


     style="display:inline-block;width:336px;height:280px"
     data-ad-client="ca-pub-9201441298846648"
     data-ad-slot="9498606412">


Cara Membuat GIF dari Video Menggunakan Menggunakan FFmpeg dan ImageMagick di Terminal Linux 

Pertama kau harus mempunyai FFmpeg, pastikan pada Linux kau sudah terinstall FFmpeg. Atau bila belum kau dapat menginstall FFmpeg terlebih dahulu.

Pada distro Debian, Ubuntu dan turunannya, FFmpeg sudah tersedia pada official repositori. Kaprikornus bila kau memakai distro tersebut, kau dapat menginstall FFmpeg dengan memakai perintah berikut:
sudo apt-get update sudo apt-get installl ffmpeg
Tunggu proses instalasi sampai selesai dan berhasil.

Jika kau sudah mempunyai FFmpeg di Linux. Kamu dapat melaksanakan konversi video menjadi format GIF. Agar mudah, pindahkan file video yang ingin kau ubah menjadi animasi GIF tersebut ke folder Home, dan beri nama yang singkat biar gampang diingat.


Ekstrak dan pisahkan file video tersebut menjadi frame-frame video dan simpan mereka dalam format gambar animasi GIF dengan memakai perintah berikut. Pastikkan kau memakai format file output menjadi "out%04d.gif", sehingga frame-frame tersebut akan diberi nama dan disimpan dengan benar sesuai urutan.
ffmpeg -t “durasi” -ss “posisi mulai dari hh:mm:ss” -i “input_video” out%04d.gif.
Ganti kata “durasi” pada perintah tersebut dengan panjang durasi GIF yang ingin kau buat dalam satuan detik. Ganti kata “posisi mulai dari hh:mm:ss” dengan waktu mulai dari video yang ingin dijadikan GIF dalam format "jam:menit:detik".

Ganti kata “input_video” pada perintah tersebut dengan nama video yang ingin dijadikan GIF. Sebagai contoh, bila kau ingin menciptakan sebuah animasi GIF berdurasi selama 5 detik dari sebuah video berjulukan “bayi.mp4”.

Bagian dari video yang akan dijadikan GIF dimulai dari detik ke 12 dan akan berakhir 5 detik berikutnya, alasannya yaitu durasi yang diinginkan sepanjang 5 detik. Maka perintah yang harus dimasukkan yaitu ibarat berikut:
ffmpeg -t 5 -ss 00:00:12 -i bayi.mp4 out%04d.gif
Setelah selesai, kau akan melihat daftar-daftar frame yang akan dibentuk menjadi GIF yang berjulukan "out[\d+].gif" pada Terminal.

Selanjutnya kita harus menggabungkan frame-frame tersebut biar menjadi sebuah file animasi GIF dengan memakai ImageMagick.

Pastikan komputer kau sudah terinstall ImageMagick. Biasanya ImageMagick sudah ada atau terinstall secara default pada Linux. Namun bila belum terinstall, kau dapat menginstall ImageMagick terlebih dahulu.

Pada distro Debian, Ubuntu dan turunannya, ImageMagick biasanya sudah tersedia pada official repositori. Kaprikornus kau dapat menginstall ImageMagick dengan memakai perintah berikut:
sudo apt-get update  sudo apt-get install imagemagick
Tunggu proses instalasi sampai selesai dan berhasil.


Jika ImageMagick sudah terinstall. Konversi atau gabungkan frame-frame tersebut kedalam sebuah file animasi GIF memakai perintah berikut:
convert -delay “frame”x”fps” -loop 0 out*gif "nama_file_output"
Kata "-delay" pada perintah tersebut memilih kecepatan animasi tersebut. Kata ini menerangkan jumlah frame dalam 1 detik yang akan dibentuk menjadi GiF. Kata "-loop 0" menerangkan jumlah pengulangan yang tidak terbatas dari animasi GIF tersebut.

Biasanya dikala kau melihat animasi GIF, animasi tersebut akan terus berulang-ulang dikala sudah pada ujung animasi. Jika kau menginginkan animasi tersebut dalam jumlah perulangan terbatas, kau dapat mengganti angka "0" tersebut dengan jumlah perulangan yang kau inginkan.

Sebagai referensi bila kau ingin menciptakan sebuah animasi GIF dengan 60 frame berbeda dalam 1 detik (60 fps) dan animasi tersebut akan melaksanakan perulangan tanpa batas. Maka perintahnya yaitu ibarat berikut :
convert -delay 1x60 -loop 0 out*.gif animasi_bayi.gif
Kata "animasi_bayi.gif" pada perintah tersebut yaitu nama file output yang akan menjadi GIF.

Tunggu proses konversi dan penggabungan frame tersebut sampai selesai dan menjadi sebuah animasi GIF. Kemudian periksa folder Home, kau akan melihat sebuah animasi GIF yang berjulukan “animasi_bayi.gif”

Kamu sudah berhasil menciptakan sebuah animasi GIF dari sebuah video. 

Selanjutnya kau dapat mengurangi ukuran file animasi GIF yang sudah kau buat tersebut sehingga menjadi lebih kecil dengan mengompres atau sedikit mengurangi kualitas dari gambar animasi tersebut. Ini opsional.

Kita akan kembali memakai tool ImageMagick dengan fitur optimizer GIF. Masukkan perintah berikut untuk mengurangi ukuran file animasi tersebut.
convert -layers Optimize animasi_beruang.gif beruang_kecil.gif
Kata “beruang_kecil.gif” merupakan nama file hasil dari pengurangan ukuran animasi tersebut. Kamu dapat mengubah nama file tersebut dengan nama yang lain sesuai dengan yang kau inginkan.


Tunggu proses kompres sampai selesai. Kemudian periksa kembali folder Home kamu, maka akan ada file animasi GIF gres dalam ukuran yang lebih kecil yang berjulukan "bayi_kecil.gif" atau sesuai dengan nama yang kau masukkan pada perintah tersebut.

     style="display:block; text-align:center;"
     data-ad-format="fluid"
     data-ad-layout="in-article"
     data-ad-client="ca-pub-9201441298846648"
     data-ad-slot="4906956419">

0 Response to "Cara Menciptakan Animasi Gif Memakai Terminal Di Linux"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel