Linus Torvalds Jelaskan Bagaimana Linux Mengejutkan Dan Memotivasi Dirinya

Linus Torvalds Jelaskan Bagaimana Linux Mengejutkan dan Memotivasi Dirinya

Linus Torvalds Jelaskan Bagaimana Linux Mengejutkan dan Memotivasi Dirinya Linus Torvalds Jelaskan Bagaimana Linux Mengejutkan dan Memotivasi Dirinya
Linus Torvalds Jelaskan Bagaimana Linux Mengejutkan dan Memotivasi Dirinya

Untuk yang pertama kalinya Linus Torvalds berada di panggung di China pada aktivitas LinuxCon + ContainerCon + CloudOpen China di Beijing. Di hadapan 2.000 orang lebih, Linus Torvalds berbicara dengan Head of Open Source perusahaan VMware, Dirk Hohndel.


Salah satu dialog menarik dari mereka ialah perihal bagaimana Linux mengejutkan dan memotivasi Linus Torvalds, serta bagaimana para developer dapat mulai mengerjakan project open source mereka. Berikut beberapa kutipan dari dialog mereka.

 

Apa yang mengejutkan dari pengembangan Linux.

“Hal yang saya anggap menarik ialah code yang saya tulis akan tetap stabil dan terus mengalami peningkatan. Ada hal-hal yang belum pernah kita sentuh selama bertahun-tahun, kemudian seseorang tiba dan memperbaikinya atau melaporkan celah-celah yang ditemukannya pada sebuah code yang saya pikir tidak ada orang yang akan menggunakannya."
 
"Kita terus mempunyai hardware-hardware baru, fitur-fitur gres yang diciptakan. Tapi sehabis 25 tahun, kita akan menjadi tua, itu dasar perihal apa yang harus orang-orang perdulikan dan terus meningkatkannya”

     style="display:block; text-align:center;"
     data-ad-format="fluid"
     data-ad-layout="in-article"
     data-ad-client="ca-pub-9201441298846648"
     data-ad-slot="4906956419">


 

Apa yang memotivasi Linus Torvalds

“Saya sangat menyukai apa yang saya lakukan. Saya bahagia ketika bangkit pagi dan mempunyai pekerjaan yang menarik dan menantang tapi tidak perlu menjadi terlalu stres sehingga saya bisa mengerjakannya untuk waktu yang lama; sesuatu dimana saya merasa melaksanakan sebuah perbedaan yang kasatmata dan melaksanakan sesuatu yang bukan hanya berkhasiat untuk saya sendiri”

“Saya kadang kala beristirahat dari pekerjaan saya. 2-3 ahad saya mengerjakan Git untuk memulainya, sebagai contoh. Tapi setiap kali saya usang berisitirahat, saya merasa bosan. Ketika saya pergi untuk menyelam selama seminggu, saya merasa saya harus kembali. Saya rasa saya tidak bisa beristirahat untuk waktu yang lebih usang lagi”


Masa depan dari kepemimpinan Linux

“Proses kami bukan hanya dikerjakan selama 25 tahun, kami tetap mempunyai para tim maintainer yang hebat. Kami mengeluh bahwa kami tidak mempunyai cukup maintainer – pada kenyataanya, kami memliki 10 pengelola hebat yang mengerjakan pekerjaan harian untuk mengerjakan sesuatu dan menggabungkannya. Itu ialah tim yang hebat untuk sebuah project open source."


"Dan para pengelola ini menjadi semakin renta dan semakin gendut, kami punya orang-orang gres yang bergabung. Mungkin itu akan membutuhkan waktu bertahun-tahun dari seorang developer pemula biar bisa menjadi seorang developer yang hebat, maka dari itu saya merasa tidak perlu khawatir memikirkan perihal Linux untuk 20 tahun selanjutnya”


Apakah Linux akan tergantikan

“Mungkin ada beberapa project berangasan gres yang akan tiba dan akan menyampaikan mereka bisa melaksanakan apa yang kami lakukan dengan lebih baik, tapi saya tidak khawatir perihal itu. Disana sudah ada banyak kesuksesan dari turunan-turunan dari Linux. Apa yang menciptakan orang tidak menganggapnya sebagai turunan dari Linux ialah sebab mereka bisa disesuaikan."

"Jika seseorang menyampaikan mereka akan melaksanakan sesuatu dan mengubah segalanya, dan kemudian menciptakan kernel yang jauh lebih baik, saya rasa cukup lakukan itu, buktikan diri kamu. Saya mungkin akan berpikir itu ialah wangsit yang buruk, tapi kau bisa menandakan bahwa saya salah”

 

Tentang Git

“Saya sangat terkejut dengan seberapa banyak Git telah dipakai ketika ini. Saya sangat senang, dan ini memvalidasi wangsit saya untuk melaksanakan distributed development. Pada ketika yang sama, kita melihat source control version kebanyakan pada umumnya, ia cenderung menjadi perusahaan besar dan sulit untuk memperkenalkan software source control yang baru. Saya berharap sebagian besar hal itu terbatas pada kernel – sebab hal itu diadaptasi pada apa yang kami buat.”


“Pada 3-4 tahun pertama Git, orang-orang mengeluh Git sangat berbeda dan sulit digunakan. Kemudian sehabis sekitar 5 tahun berlalu, semua berubah. Ada banyak project dan developer yang mulai memakai Git , Git tidak lagi berbeda atau sulit dipakai ; Git ialah hal-hal yang biasa dipakai oleh orang-orang. Mereka mulai memanfaatkan development model dan merasa kondusif dengan memakai Git, tidak akan ada yang rusak atau hilang.”

“Di kalangan tertentu, Git lebih dikenal dibandingkan Linux. Karena linux sering disembunyikan – pada handphone Android yang kau gunakan sebetulnya memakai Linux, tapi kau tidak memikirkannya. Tapi berbeda dengan Git, kau akan tahu kau sedang memakai Git”


Bagaimana mulai menjadi seorang open source developer

"Bagi saya, saya selalu termotivasi dari diri sendiri dan saya tahu apa yang ingin saya lakukan. Saya tidak pernah diberitahu oleh orang lain apa yang harus saya lakukan. Saya tidak yakin pola saya ialah hal yang benar bagi orang lain untuk mengikutinya. Ada sangat banyak project open source, dan kalau kau ialah seorang developer pemula, temukan sesuatu yang kau sukai yang bisa kau ikuti lebih dari beberapa minggu."

“Kenali kodenya dengan baik sehingga kau hingga pada titik di mana kau andal dalam potongan-potongan code. Kamu tidak perlu menjadi serpihan dari keseluruhan project. Tidak ada orang yang bisa andal pada seluruh kernel, tapi kau cukup mengetahui pada sebuah area spesifik dengan baik.

"Jika kau bisa menjadi serpihan dari komunitas dan menyiapkan perbaikan-perbaikan, ini bukan hanya perihal coding, tapi juga aspek sosial dari open source. Kamu bisa menciptakan koneksi dengan orang-orang dan meningkatkan kemampuan sebagai programmer. Kamu intinya suka pamer -- saya melaksanakan perbaikan ini, saya bisa melangkah jauh pada komunitas atau pekerjaan saya."


"Anda harus menghabiskan banyak waktu untuk mempelajari sebuah project, tapi ada laba besar yang bisa kau dapatkan -- bukan hanya dari aspek karir, tapi kau juga mempunyai sebuah project yang luar biasa dalam hidup kamu"


     style="display:inline-block;width:336px;height:280px"
     data-ad-client="ca-pub-9201441298846648"
     data-ad-slot="9498606412">



*(Diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia oleh Yaumil Ikhsan. Source: Linux.com)

0 Response to "Linus Torvalds Jelaskan Bagaimana Linux Mengejutkan Dan Memotivasi Dirinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel