Install Pemutar Musik Cantata Dan Mpd Di Ubuntu

Install Cantata dan MPD (Music Player Daemon) di Ubuntu Sebagai Aplikasi Pemutar Musik

 di Ubuntu Sebagai Aplikasi Pemutar Musik  Install Pemutar Musik Cantata dan MPD di Ubuntu
Install Cantata dan MPD di Ubuntu
Pada distribusi Linux, ada begitu banyak aplikasi pemutar musik yang bisa kau pilih untuk digunakan, kau tidak akan kekurangan pilihan bila ingin menentukan aplikasi pemutar musik untuk Linux yang sesuai dengan yang kau butuhkan.

Kamu bisa menentukan aplikasi pemutar musik yang ringan, pemutar musik yang kaya fitur dengan kemampuan mempuni atau aplikasi pemutar musik yang mempunyai tampilan anggun sesuai dengan selera kamu, bahkan kau bisa memutar musik melalui Terminal di Linux.

Diantara banyaknya pilihan-pilihan yang bisa kau pilih tersebut, salah satunya ialah Cantata.


Cantata ialah sebuah aplikasi pemutar musik client yang berjalan diatas Qt dan MPD (Music Player Daemon). Cantata bekerjsama hanyalah sebuah aplikasi client yang hanya menjadi front-end atau tampilan grafisnya (GUI) yang berfungsi untuk mengatur dan mengorganisir daftar-daftar putar lagu, playlist dan sebagainya.

Makara oleh alasannya ialah itu Cantata bergantung pada MPD sebagai music server. Untuk memakai Cantata, kau juga harus menginstall MPD (Music Player Daemon).

MPD ialah sebuah aplikasi open source untuk pemutar music server. Seperti namanya, MPD ialah sebuah daemon atau hanya sebuah service yang berjalan pada latar belakang sistem.

Selain Cantanta ada banyak aplikasi yang bisa dipakai sebagai front-end atau client bagi Music Player Daemon (MPD) di Linux, namun Cantata ialah salah satu yang terbaik. Cantata mempunyai tampilan yang bagus, terlihat modern dengan interfaces yang simple dan bersih.

Pada awalnya Cantata berjalan dengan depedensi dari KDE, namun semenjak versi Cantata 1.4 sampai sekarang, Cantata hanya mengandalkan Qt dan MPD (Music Player Daemon).

Cantata ialah aplikasi open source dan cross platform. Selain bisa dipakai pada sistem operasi Linux, Cantata juga bisa dipakai juga pada sistem operasi Windows dan OS X.


     style="display:inline-block;width:336px;height:280px"
     data-ad-client="ca-pub-9201441298846648"
     data-ad-slot="9498606412">


Install Cantata dan MPD (Musik Player Daemon) di Ubuntu

Jika kau ialah pengguna distro Ubuntu dan turunannya, kau bisa menginstall Cantata dan MPD pada desktop kau dengan memakai PPA repository.


Buka Terminal dengan menekan kombinasi keyboard / shortcut CTRL + ALT + T atau buka Terminal dari sajian aplikasi di Ubuntu kamu.

Kemudian masukkan perintah berikut untuk menambahkan PPA repository pada komputer kau untuk menginstall Cantata dan MPD daemon. Agar lebih gampang kau bisa meng-copy perintah berikut dan kemudian paste di Terminal dengan menekan kombinasi keyboard / shortcut CTRL + SHIFT + V.

Untuk pengguna KDE:
sudo add-apt-repository ppa:ubuntuhandbook1/cantata
Untuk bukan pengguna KDE:
sudo add-apt-repository ppa:ubuntuhandbook1/cantata-qt
Setelah selesai, kau harus melaksanakan update untuk memperbarui daftar repository yang gres saja ditambahkan dan memperbaharui daftar aplikasi terbaru dari repository.

Masukkan perintah berikut di Terminal untuk melaksanakan update:
sudo apt-get update
Tunggu proses update sampai jawaban dan pastikan tidak ada error pada proses update. Setelah proses update jawaban dan berhasil dengan baik, install Cantata dan MPD (Music Player Daemon) pada desktop kau dengan memasukkan perintah berikut di Terminal:
sudo apt-get install mpd cantata
Tunggu proses instalasi Cantata dan MPD daemon sampai selesai. Pastikan tidak ada error pada ketika proses instalasi dan kedua aplikasi tersebut berhasil terinstall.

Untuk mulai memakai Cantata untuk  memutar musik, ketika pertama kali membuka Cantata kau diminta untuk melaksanakan konfigurasi terlebih dahulu. Kamu harus melaksanakan sedikit konfigurasi pada Cantata dan MPD (Music Player Daemon) untuk mulai menggunakannya.


Mari sedikit bermain-main dengan Cantata dan MPD, kau bisa mengkonfigurasi Cantata dan MPD dengan mengikuti tutorial berikut ini atau dengan membaca MPD User Manual.

     style="display:block; text-align:center;"
     data-ad-format="fluid"
     data-ad-layout="in-article"
     data-ad-client="ca-pub-9201441298846648"
     data-ad-slot="4906956419">


0 Response to "Install Pemutar Musik Cantata Dan Mpd Di Ubuntu"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel