Install Etcher Di Linux, Buat Usb Bootable Lebih Gampang Dan Baik

Install Etcher di Linux, Buat USB Bootable Dengan Lebih Mudah, Aman dan Baik

 Etcher ialah sebuah aplikasi yang berfungsi untuk melaksanakan  Install Etcher di Linux, Buat USB Bootable Lebih Praktis dan Baik
Install Etcher di Linux, Buat USB Bootable Lebih Praktis dan Baik

Etcher ialah sebuah aplikasi yang berfungsi untuk melaksanakan burning atau menciptakan media instalasi bootable. Dengan memakai Etcher kau bisa menciptakan media bootable dengan memakai USB Flashdisk dan SD card atau kartu memori.

Etcher dibentuk dengan memakai menggunakan teknologi Javascript, HTML, Node.js dan memakai framework Electron.


Etcher mempunyai interfaces yang cukup manis yang membuatnya sangat nyaman untuk digunakan. Interfaces dari Etcher juga sangat mudah sehingga menciptakan pengguna sanggup dengan gampang menggunakannya.

Etcher mempunyai kemampuan yang cukup baik. Etcher bisa menciptakan media bootable 50% lebih cepat serta sanggup menciptakan beberapa media bootable sekaligus dalam waktu yang bersamaan.

Dengan memakai Etcher kau juga akan terlindungi dari kesalahan menentukan perangkat yang bisa menciptakan kau memformat Harddisk kamu. Etcher juga memastikan setiap bit data ditulis dengan baik.

Etcher merupakan aplikasi open source dan cross platform. Etcher tersedia untuk dipakai di aneka macam sistem operasi termasuk Windows, OS X, dan Linux.


     style="display:inline-block;width:336px;height:280px"
     data-ad-client="ca-pub-9201441298846648"
     data-ad-slot="9498606412">


Cara Install Etcher di Linux

Install Etcher di Linux Dengan Menggunakan AppImage.

Untuk Linux, kau bisa menginstall Etcher dengan memakai file AppImage. Unduh file Appimage dari Etcher di halaman web resmi Etcher. Download file AppImage sesuai dengan jenis distro yang kau gunakan.

Disana ada dua versi dari Etcher untuk dua jenis sistem, yaitu sistem 32 bit dan sistem 64 bit. Unduh Etcher dengan versi sesuai dengan sistem yang kau gunakan.


Tunggu proses unduhan sampai selesai. File unduhan tersebut akan berada pada file Downloads dan terkompres dalam format Zip.

Buka Teminal di Linux kau dengan menekan kombinasi keyboard / shortcut CTRL + ALT + T atau buka Terminal melalui hidangan aplikasi.

Karena file tersebut berada pada folder Downloads, masuk ke direktori Downloads dengan memasukkan perintah berikut di Terminal:
cd  /Downloads
Setelah berhasil masuk direktori yang diinginkan. Ekstrak file tersebut dengan memasukkan perintah berikut di Terminal :
unzip Etcher-1.0.0-linux-x64.zip
“Etcher-1.0.0-linux-x64.zip” ialah nama file. Sesuaikan kata “Etcher-1.0.0-linux-x64.zip” pada perintah tersebut dengan versi Etcher yang kau unduh. Tunggu proses ekstrak sampai selesai. Kemudian masuk ke folder hasil ekstrak tersebut dengan memakai perintah berikut:
cd Etcher-1.0.0-linux-x64
Setelah berhasil masuk ke folder tersebut, buat file AppImage tersebut menjadi executeable supaya sanggup diinstall dengan memasukkan perintah berikut di Terminal:
chmod +x Etcher-1.0.0-linux-x64.AppImage
Kemudian kau bisa menginstall Etcher pada perangkat kau dengan memakai perintah berikut:
./Etcher-1.0.0-linux-x64.AppImage
Jika ada pertanyaan “Apakah kau ingin menginstall Etcher di perangkat kamu?” dan sebagainya, pilih YES. Tunggu proses instalasi sampai simpulan dan pastikan tidak ada error pada ketika proses instalasi.


Jika proses instalasi simpulan dan berhasil. Kamu sanggup mulai memakai Etcher untuk menciptakan media bootable memakai USB Flashdisk atau SD card di perangkat kamu.

 

Install Etcher Menggunakan Repository di Debian dan Ubuntu

Jika kau memakai distro Debian, Ubuntu dan turunan mereka berdua lainnya yang memakai sistem DEB. Selain menginstall memakai file AppImage, kau bisa menginstall Etcher memakai repository dari repo resmi Etcher.

Buka Teminal di Linux kau dengan menekan kombinasi keyboard / shortcut CTRL + ALT + T atau buka Terminal melalui hidangan aplikasi.

Buka dan edit file berikut untuk menambahkan repository dari Etcher dengan memasukkan perintah di bawah di Terminal. Kamu bisa meng-copy perintah tersebut dan paste pada Terminal dengan menekan kombinasi keyboard / shortcut CTRL + SHIFT + V:
sudo nano /etc/apt/sources.list.d/etcher.list
Kemdian tambahkan baris atau list repository berikut di dalam file tersebut. Sama menyerupai sebelumnya, kau bisa meng-copy script tersebut dan kemudian paste di dalam file tersebut dengan menekan kombinasi keyboard / shortcut CTRL + SHIFT + V:
deb https://dl.bintray.com/resin-io/debian stable etcher
Setelah berhasil menambahkan repository pada file tersebut. Kemudian simpan file tersebut dengan memakai kombinasi keyboard CTRL + O dan keluar dari file tersebut dengan memakai kombinasi keyboard CTRL + X.

Selanjutnya tambahkan GPG key supaya kau bisa menggunduh file dari repo tersebut dengan memakai perintah berikut:
sudo apt-key adv --keyserver hkp://pgp.mit.edu:80 --recv-keys 379CE192D401AB61
Kemudian lakukan update untuk memperbaharui daftar repository dan menambahkan daftar aplikasi dengan memakai perintah berikut:
sudo apt-get update
Tunggu proses update sampai selesai. Setelah selesai, kau sanggup menginstall Etcher dengan memasukkan perintah berikut:

sudo apt-get install etcher-electron
Tunggu proses instalasi sampai simpulan dan berhasil. Setelah instalasi selesai, kau sanggup memakai Etcher untuk menciptakan media bootable memakai USB Flashdisk dan SD card.


     style="display:inline-block;width:336px;height:280px"
     data-ad-client="ca-pub-9201441298846648"
     data-ad-slot="9498606412">

0 Response to "Install Etcher Di Linux, Buat Usb Bootable Lebih Gampang Dan Baik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel