2 Cara Install Aplikasi Dengan File Package Deb Di Linux

Cara Install Aplikasi yang Menggunakan File Package Deb di Linux

Cara Install Aplikasi yang Menggunakan File Package Deb di Linux 2 Cara Install Aplikasi Dengan File Package Deb di Linux
Cara Install File Package Deb di Linux

Apa Itu File Package Deb?





Deb ialah jenis file package aplikasi yang dipakai pada distribusi Debian. File package ini mempunyai format atau ekstensi “.deb”. Deb merupakan salah satu file package standar pada sistem Unix.

Debian ialah salah satu distribusi Linux paling usang dan populer. Banyak distribusi-distribusi gres Linux yang muncul setelahnya berbasis pada Debian, menyerupai Ubuntu, Kali Linux dan lain sebagainya

Selain Debian, distribusi-distribusi Linux lain yang berbasis pada Debian tersebut juga memakai file package yang sama, yaitu Deb.


Jika kau ingin menginstall atau memanipulasi sebuah file package yang memakai format “.deb", kau sanggup memakai sebuah tool berjulukan dpkg. Dpkg ialah sebuah tool package management berbasis command line yang dipakai untuk menginstall atau memanipulasi file package Deb melalui Terminal.

Selain memakai dpkg melalui Terminal, kau juga sanggup menginstall file package Deb dengan memakai aplikasi package management lain yang memakai Graphic User Interfaces (GUI) menyerupai Ubuntu Software Center, Gdebi Package Installer dan lainnya.

Cara Menginstall File Package Deb Menggunakan Terminal

Untuk menginstall aplikasi yang memakai file package Deb melalui Terminal, kau sanggup memakai sebuah tool Debian packages management system berbasis command line yang berjulukan dpkg.

Dpkg dipakai untuk menginstall, menghapus, atau memanipulasi file package Deb. Ada banyak opsi-opsi yang sanggup kau gunakan dari dpkg untuk memanipulasi file package Deb.

Buka Terminal pada Linux kau dengan menekan shortcut untuk Terminalatau Buka Terminal melalui hidangan aplikasi. Untuk menginstall file package Deb, kau harus berada pada direktori dimana file tersebut tersimpan.


Kemudian masuk ke direktori dimana file package Deb tersimpan. Jika file package Deb yang ingin kau install tersimpan pada direktori Downloads, masuk ke folder Downloads dengan memakai perintah "cd" menyerupai berikut:
cd  /Downloads 
Begitu juga jikalau file package Deb aplikasi yang ingin kau install berada pada direktori lainnya. Silahkan masuk ke direktori dimana file tersebut tersimpan.

Jika kau sudah berada pada direktori dimana file package tersebut tersimpan. Selanjutnya kau sanggup menginstall file package Deb dengan memasukkan perintah berikut di Terminal:
sudo dpkg -i nama_file.deb 
Sesuaikan kata “nama_file.deb” pada perintah tersebut dengan nama file package dari file aplikasi yang ingin kau install. Jangan lupa untuk memakai perintah “sudo” jikalau kau login dengan user biasa. Kamu tidak perlu mengetikkan perintah “sudo” jikalau kau login dengan user root.

Kemudian tunggu proses instalasi file package atau aplikasi tersebut sampai selesai. Pastikan proses instalasi berhasil dengan baik. Jika proses instalasi selesai, kau sanggup membuka aplikasi yang kau install melalui hidangan aplikasi.

Install File Package Deb di Ubuntu Menggunakan Software Center

Jika kau memakai distro Ubuntu atau turunan Ubuntu menyerupai Elementary OS dan lainnya. Kamu sanggup menginstall aplikasi dari file package Deb dengan gampang hanya dengan memakai Ubuntu Software Center.

Ubuntu Software Center sudah ada secara default pada distro Ubuntu dan turunannya sebagai aplikasi package management atau software management yang berbasi grafis (GUI).


Buka file package Deb dari aplikasi yang ingin kau install dengan melaksanakan double klik pada file tersebut. Kemudian file package tersebut akan terbuka atau dimuat pada aplikasi Ubuntu Software Center menyerupai berikut:

Cara Install Aplikasi yang Menggunakan File Package Deb di Linux 2 Cara Install Aplikasi Dengan File Package Deb di Linux
Install File Package Deb Menggunakan Ubuntu Software Center
Untuk menginstalnya, kau hanya perlu menekan tombol install pada Ubuntu Software Center tersebut. Ubuntu Software Center akan otomatis mengeksekusi file package Deb tersebut untuk diinstall. Kemudian cukup tunggu proses instalasi tersebut sampai selesai.

0 Response to "2 Cara Install Aplikasi Dengan File Package Deb Di Linux"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel