Cara Install Xampp Terbaru Di Linux

Cara Install XAMPP Terbaru di Linux

XAMPP ialah sebuah aplikasi yang berfungsi untuk menjalankan sebuah  Cara Install XAMPP Terbaru di Linux
Install XAMPP Terbaru di Linux
XAMPP ialah sebuah aplikasi yang berfungsi untuk menjalankan sebuah server secara lokal di komputer itu sendiri atau localhost. Dengan memakai XAMPP kau sanggup menjalankan atau menyebarkan sebuah website secara lokal atau offline.


XAMPP sendiri merupakan sebuah singkatan dari beberapa kata atau disebut juga dengan akronim. Huruf X mewakili cross atau cross platform yang berarti sanggup dijalanlan di banyak sekali sistem operasi. A ialah singkatan dari Apache yang merupakan sebuah aplikasi web server. M ialah singkatan dari MariaDB yang merupakan sebuah aplikasi database server. Dan dua buah abjad P mewakili dua buah bahasa pemrograman yang tersedia dalam XAMPP yaitu PHP dan Perl.

Sebelumnya XAMPP memakai MySQL sebagai aplikasi database sever, namun semenjak XAMPP 5.5.30 dan XAMPP 5.6.14, para pengembang menggantikannya dengan MariaDB sebagai aplikasi database server.

XAMPP dikelola oleh Apache Friend dan merupakan aplikasi open source. Sebagai aplikasi open source, XAMPP berada dibawah lisensi GNU General Public License (GPL)

Seperti yang sudah disebutkan, XAMPP ialah aplikasi cross platform yang sanggup dipakai di banyak sekali sistem operasi. Selain pada sistem operasi GNU/Linux, XAMPP juga sanggup dijalankan pada sistem operasi Windows, Solaris dan Mac OS X. Versi terbaru dari XAMPP ketika ini ialah XAMPP 7.1.6 yang sudah mendukung bahasa pemrograman PHP 7.1.6.


     style="display:inline-block;width:336px;height:280px"
     data-ad-client="ca-pub-9201441298846648"
     data-ad-slot="9498606412">



Cara Install XAMPP di Linux (Ubuntu, Debian, Fedora, Mint, Manjaro dan Distro Lainnya)

Jika kau memakai sistem operasi Linux, baik kau memakai distro Ubuntu, Debian, Linux Mint, Fedora ataupun distribusi Linux lainnya, kau sanggup menginstall XAMPP dengan memakai file instalasi yang berformat ".run". File berformat ini sanggup dijalankan di semua distribusi Linux.


Unduh file package atau file instalasi XAMPP untuk Linux yang berformat “.run” eksklusif di website resmi XAMPP ini. . Unduh XAMPP sesuai dengan versi yang kau inginkan, hal ini tergantung dengan versi PHP yang ingin kau gunakan.

Jika kau ingin memakai PHP versi 5.6.30, kau sanggup mengunduh XAMPP 5.6.30. Jika kau ingin memakai PHP versi 7.0.20, kau sanggup mengunduh XAMPP 7.0.20. Atau bila kau ingin memakai PHP versi 7.1.6, kau sanggup mengunduh XAMPP 7.1.6. Silahkan unduh sesuai dengan versi yang ingin kau gunakan.

Tunggu proses unduhan sampai selesai. Jika sudah selesai, file hasil unduhan tersebut akan berada folder Downloads. Buka Terminal pada Linux kau dengan menekan kombinasi keyboard CTRL + ALT + T atau buka Terminal melalui hidangan aplikasi.

Karena file hasil unduhan dari XAMPP tersebut berada pada folder Downloads, supaya sanggup mengkasesnya, masuk ke folder Downloads dengan mengetikkan perintah berikut di Terminal:
cd  /Downloads
Selanjutnya ubah hak jalan masuk dari file tersebut dengan memasukkan perintah berikut di Terminal:
sudo chmod +x xampp-linux-x64-7.1.6-0-installer.run
Sesuaikan kata “xampp-linux-x64-7.1.6-0-installer.run” pada perintah tersebut dengan nama file hasil unduhan dari XAMPP yang kau unduh. Jika kau mengunduh versi XAMPP yang berbeda, atau mengunduh XAMPP di waktu yang berbeda maka nama file tersebut juga akan berbeda. Disini aku memakai XAMPP 7.1.6 yang merupakan versi ketika ini.

Jika sudah memberik hak jalan masuk pada file tersebut. Kamu sanggup menginstall XAMPP pada Linux kau dengan memasukkan perintah berikut di Terminal:
sudo ./xampp-linux-x64-7.1.6-0-installer.run
Jangan lupa untuk menyesuaikan “xampp-linux-x64-7.1.6-0-installer.run” pada perintah tersebut sesuai dengan nama dari XAMPP yang kau unduh.


Kemudian akan muncul hidangan pop-up dalam tampilan grafis sebagai hidangan instalasi XAMPP. Sampai disini kau sudah sanggup melaksanakan instalasi XAMPP menyerupai biasanya dengan klik dan next. Pastikan proses instalasi final dan berhasil dengan baik tanpa adanya error.


     style="display:block"
     data-ad-client="ca-pub-9201441298846648"
     data-ad-slot="2732219215"
     data-ad-format="auto">

0 Response to "Cara Install Xampp Terbaru Di Linux"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel