3 Aplikasi Sticky Notes Terbaik Untuk Linux

3 Aplikasi Sticky Notes Terbaik untuk Linux

 Aplikasi Sticky Notes Terbaik untuk Linux 3 Aplikasi Sticky Notes Terbaik untuk Linux
3 Aplikasi Sticky Notes Terbaik untuk Linux
Jika kau ialah pengguna komputer yang suka menciptakan catatan kecil menyerupai mencatat wangsit atau sesuatu yang sedang terlintas di kepala, menulis hal-hal yang harus dilakukan hari ini dan lainnya, kau niscaya membutukan aplikasi berfungsi layaknya homogen notes atau catatan.

Mungkin akan sedikit ribet bila kau harus memakai aplikasi menyerupai LibreOffice dan WPS Office untuk menulis catatan-catatan kecil menyerupai itu, kau akan kesulitan untuk mengatur catatan dengan memakai aplikasi tersebut dan sangat tidak efektif.

Yang kau butuhkan ialah aplikasi ringan yang bisa kau gunakan menyerupai sticky notes atau catatan tempel. Sticky notes biasanya dipakai untuk banyak hal dengan tujuan untuk meningkatkan produktivitas.


Ada beberapa aplikasi sticky notes yang bisa kau gunakan pada sistem operasi Linux. Namun kami rangkum tiga aplikasi sticky notes terbaik yang bisa kau gunakan untuk Linux kamu. Masing-masing aplikasi tersebut mempunyai kemampuan dan kelebihannya sendiri, kau bisa menentukan aplikasi yang mempunyai kemampuan sesuai dengan apa yang kau butuhkan.


1. Sticky Notes

Sticky Notes ialah aplikasi notes default untuk lingkungan desktop Gnome. Aplikasi ini cukup gampang dalam menggunakannya, kau bisa membukanya melalui sajian panel atas yang ada pada lingkungan desktop Gnome milik kamu.

Aplikasi ini memungkin kau untuk melaksanakan perubahan pada warna background catatan sehingga catatan-catatan kau penuh warna menyerupai sticky notes sebenarnya, kau juga bisa mengubah warna tulisan, serta mengubah panjang dan lebar dari Sticky Notes dengan gampang eksklusif pada catatan.

Sticky Notes memungkinkan kau untuk mengunci catatan bila sudah final kau tulis, sehingga akan mencegah kau untuk menghapus catatan secara tidak sengaja pada dikala mengerjakan pekerjaan lain. Aplikasi ini cukup sederhana sesuai fungsinya, tidak mempunyai terlalu banyak fitur yang akan menciptakan kau pusing.

Yang lebih penting ialah bila kau memakai lingkungan desktop Gnome pada perangkat kamu, Sticky Noters terintegrasi dengan sangat baik dengan desktop Gnome, yang membuatnya bisa mengakses library bahasa yang ada pada sistem, ini memungkinkan kau untuk menentukan metode input dan memakai karakter dari unicode yang kau inginkan.


2. Knotes

Knotes ialah aplikasi notes default sejenis sticky notes untuk Linux yang memakai lingkungan desktop KDE. Aplikasi ini gampang untuk di konfigurasi dan mempunyai beberapa fitur aksesori yang tidak kau temukan pada aplikasi-aplikasi homogen lainnya.


Knotes bergotong-royong ialah salah satu aplikasi bab dari KDE PIM suite yang terintegrasi dengan KDE Contact, sebuah aplikasi dari lingkungan desktop KDE untuk keperluan mengelola kontak. Ini menciptakan kau bisa memindahkan catatan dengan melaksanakan drag and drop kedalam sebuah email, kemudian kau sanggup mengirim catatan ini ke teman-teman kerja kau dengan memakai jaringan local, serta mencetaknya.

Knotes juga mempunyai fitur-fitur layaknya aplikasi Sticky Notes pada umumnya, menyerupai mengubah warna background  pada catatan, mengubah warna tulisan, mengubah jenis tulisan, mengubah jenis karakter pada judul, serta mengubah ukuran panjang dan lebar catatan.

Meski memungkinkan melaksanakan perubahan ukuran dan panjang dari catatan, kau tidak bisa mengubahn panjang dan lebar catatan secara eksklusif pada aplikasi ini, kau harus mengubahnya dari sajian pengaturan aplikasi, ini menjadi salah satu kekurangan yang dimiliki oleh Knotes.

Knotes bukan hanya bisa dipakai pada lingkungan desktop KDE. Jika kau memakai lingkungan desktop Gnome, kau bisa menginstall Knotes pada perangkat kau melalui repository, dengan syarat kau akan memerlukan beberapa depedensi dari KDE yang akan diinstal pada dikala proses instalasi.

3. Xpad

Xpad ialah salah satu aplikasi sticky notes yang banyak dipakai oleh banyak orang. Aplikasi ini cukup ringan, sederhana dan gampang digunakan. Berbeda dengan kedua aplikasi sebelumnya, Xpad ialah aplikasi pihak ketiga.


Xpad sanggup dikustom dengan gampang sesuai dengan kebutuhan kamu. Kamu sanggup memakai style dasar goresan pena pada catatan menyerupai bold, italics, underline, dan sebagainya ketika menciptakan catatan pada Xpad. Kamu juga sanggup mengubah warna background dari catatan secara eksklusif pada aplikasi ini.

Masing-masing catatan pada Xpad mempunyai toolbar yang memungkinkan kau untuk mengontrol masing-masing catatan sesuai dengan yang kau butuhkan. Kamu bahkan bisa menambahkan icon tambahan pada toolbar untuk membuatnya menjadi lebih menarik dan interaktif.

Pada Xpad, kau juga bisa melaksanakan penguncian catatan ketika kau sudah final menulisnya. Hal ini bertujuan untuk mencegah kau mengubah atau menghapus isi catatan secara tidak sengaja pada dikala kau sedang bekerja.

Beberapa distribusi Linux yang tidak memakai Gnome atau KDE sebagai lingkugan desktop memakai Xpad sebagai aplikasi sticky notes di dalam distribusi mereka secara default.

Penutup

Ketiga aplikasi tersebut ialah aplikasi yang elok dan gampang digunakan, aplikasi ini cocok untuk kau gunakan untuk meningkatkan produktivitas. Kamu bisa menentukan salah satu diantara aplikasi tersebut sesuai dengan yang kau butuhkan atau yang kau suka.

Jangan lupa untuk mempertimbangkan distribusi dan lingkungan desktop yang kau gunakan pada perangkat kau bila kau ingin memakai sticky notes tersebut. Akan lebih gampang bila kau memakai aplikasi yang tersedia secara default, kau tidak perlu menambahkan repository tambahan untuk menginstallnya. 

Biasanya aplikasi yang tersedia secara default juga akan terintegrasi dengan lebih baik dengan sistem. Selain ketiga aplikasi tersebut, masih banyak aplikasi notes lainnya yang bisa kau gunakan pada Linux menyerupai Xfce Notes, Tomboy Notes dan lainnya.


Ketiga aplikasi notes diatas tersebut ialah aplikasi sticky notes terbaik berdasarkan kami. Jika kau mempunyai aplikasi sticky notes terbaik berdasarkan kau sendiri, silahkan tulis aplikasi tersebut di komentar.

0 Response to "3 Aplikasi Sticky Notes Terbaik Untuk Linux"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel