Install Tilix, Terminal Emulator Bagus Yang Kaya Fitur

Install Tilix (Terminix) di Linux, Terminal Emulator Cantik yang Mempunyai Banyak Fitur

 Terminal Emulator Cantik yang Mempunyai Banyak Fitur  Install Tilix, Terminal Emulator Cantik yang Kaya Fitur
Install Tilix, Terminal Emulator Cantik yang Kaya Fitur
Tilix yaitu sebuah aplikasi Terminal emulator dengan aneka macam kemampuan dan fitur tambahan. Tilix yang sebelumnya berjulukan Terminix ini, dibentuk berbasiskan GTK3. Tilix dibentuk dengan mengikuti peraturan Gnome Human Interface Guidelines (HIG).

Aplikasi Terminal emulator ini cukup ringan sehingga berjalan dengan sangat powerful, Tilix juga mempunyai tampilan elok yang sanggup dikustom sesuai dengan cita-cita dan mempunyai segudang fitur yang sanggup memudahkan kau dalam penggunaannya.


Tilix memungkinkan kau menjalankan lebih dari satu sesi Terminal. Sesi tersebut sanggup kau jalankan dengan menekan tombol "+" di penggalan bar atas aplikasi menyerupai membuka sebuah tab gres di browser web. Kamu juga sanggup dengan gampang baralih dari satu sesi ke satu sesi lainnya dari menu bar tersebut.

 Terminal Emulator Cantik yang Mempunyai Banyak Fitur  Install Tilix, Terminal Emulator Cantik yang Kaya Fitur
Sesi Pada Tilix
Kemudian Tilix juga memungkinkan untuk menciptakan mutiple panes, dimana kau sanggup menciptakan beberapa panel atau penggalan dalam satu buah sesi. Panel-panel tersebut sanggup dibentuk dalam jumlah yang tidak tarbatas, kau bisa dengan gampang membagi Terminal dalam berapa penggalan atau panel secara horizontal ataupun vertikal.

 Terminal Emulator Cantik yang Mempunyai Banyak Fitur  Install Tilix, Terminal Emulator Cantik yang Kaya Fitur
Mutiple Panes Pada Tilix
Tilix juga customizable, kau sanggup melaksanakan kustomisasi pada Terminal emulator Tilix dengan menciptakan atau menambah profile baru. Kamu bisa mengubah jenis huruf, ukuran huruf, warna, tampilan, menambahkan background pada Terminal dan sebagainya dengan memakai aplikasi Terminal emulator Tilix.


Selain fitur-fitur tersebut, masih ada banyak kemampuan lain yang dimiliki oleh Tilix menyerupai notifikasi, mendukung santunan nama judul, setiap sesi bisa memakai profile yang berbeda, ukuran bisa diatur dengan cara drag and drop serta bisa dipakai sebagai dropdown Terminal dan banyak kemampuan-kemampuan lainnya.

Install Tilix di Ubuntu dan Turunan Menggunakan PPA Repository

Jika kau memakai Ubuntu 16.04, Ubuntu 16.10, Ubuntu 17.04 serta turunannya menyerupai Linux Mint 8.x dan lainnya. Kamu bisa menginstall Tilix pada komputer kau dengan memakai PPA repository.

Buka Terminal pada komputer kau dengan menekan kombinasi keyboard CTRL + ALT + T atau buka Terminal melalui sajian aplikasi.

Kemudian masukkan perintah berikut pada Terminal untuk menambahkan PPA repository dari Tilix. Kamu bisa meng-copy perintah tersebut dan paste pada Terminal dengan menekan kombinasi CTRL + SHIFT+ V:
sudo add-apt-repository ppa:webupd8team/terminix
Tunggu proses penambahnan repository sampai selesai. Kemudian lakukan update untuk memperbaharui daftar repository dan daftar aplikasi dengan memasukkan perintah berikut di Terminal:
sudo apt-get update 
 
Tunggu proses update sampai selesai. Kemudian install Tilix dengan memasukkan perintah berikut di Terminal:
sudo apt-get install tilix 
Tunggu proses instalasi sampai final dan pastikan tidak ada error pada ketika proses instalasi. Jika instalasi sudah final dan berhasil, kau sanggup membuka Tilix melalui sajian aplikasi dan mulai menggunakannya.

Install Tilix di Linux Menggunakan Source Code

Selain menginstall melalui PPA, kau juga bisa menginstall Tilix dari memakai source code langsung. Cara ini bukan hanya bisa di lakukan pada Ubuntu atau turunannya, juga pada distribusi-ditribusi Linux yang lain.

Unduh file source code dari Tilix di halaman Github Tilix berikut. Unduh source code dari Tilix tersebut dalam bentuk dalam file zip yang berjulukan "tilix.zip". Setelah proses unduhan selesai, file hasil unduhan tersebut akan berada pada folder Downloads.

Buka Terminal pada komputer kamu, sebab file hasil unduhan tersebut berada pada folder Downloads, masukkan perintah berikut pada Terminal untuk masuk ke direktori Downloads:
cd  /Downloads
Jika sudah berhasil masuk direktori dimana file tersebut berada, selanjutnya ekstrak terlebih dahulu file zip tersebut dengan memasukkan perintah berikut di Terminal:
sudo unzip tilix.zip -d /
Kemudian sesudah berhasil mengekstrak file tersebut, lakukan compile source code dari Tilix dengan memakai perintah berikut di Terminal:
sudo glib-compile-schemas /usr/share/glib-2.0/schemas/


Tunggu proses compile sampai final dan pastikan berhasil dengan baik. Jika sudah selesai, kau sanggup menjalankan dan mulai memakai Tilix dengan membukanya melalui sajian aplikas.

0 Response to "Install Tilix, Terminal Emulator Bagus Yang Kaya Fitur"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel