Cara Enkripsi Folder Home Di Ubuntu Sesudah Instalasi

Cara Enkripsi Folder Home di Ubuntu Setelah Instalasi

 Cara Enkripsi Folder Home di Ubuntu Setelah Instalasi  Cara Enkripsi Folder Home di Ubuntu Setelah Instalasi
Cara Enkripsi Folder Home di Ubuntu Setelah Instalasi
Ubuntu memperlihatkan untuk melaksanakan enkripsi pada direktori home milik kau pada ketika proses instalasi. Tapi kalau kau tidak melaksanakan enkripsi pada ketika proses instalasi dan berubah pikiran untuk melaksanakan enkripsi kemudian.




Kamu tidak perlu melaksanakan instalasi ulang untuk melaksanakan enkripsi pada direktori home tersebut. Kamu sanggup melaksanakan enkripsi tanpa perlu melaksanakan instalasi ulang dengan mengikuti cara berikut ini.


Ubuntu memakai menggunakan eCryptfs untuk melaksanakan enkripsi. eCryptfs akan melaksanakan enkripsi dengan memakai password dari user kamu. Ketika melaksanakan log in pada sistem Ubuntu, direktori home kau akan secara otomatis di-decrypt dengan memakai password milik user sehingga kau sanggup membuka direktori yang dienkripsi tersebut.

Sebelum memulai melaksanakan proses enkripsi ini, kau harus berhati-hati, pastikan sudah melaksanakan backup file atau data penting yang ada pada direktori home user kamu. Pada proses ini akan dibentuk sebuah backup dari direktori home pada komputer secara otomatis, tapi kau tetap harus mempunyai backup file perhiasan penting yang kau buat sendiri.

Untuk sanggup melaksanakan enkripsi direktori home, pastikan Ubuntu kau mempunyai ruang sisa 2,5 kali lebih besar dari ukuran file yang ada direktori home yang akan kau enkripsi tersebut.

Buka Terminal pada Ubuntu kau dengan menekan kombinasi keyboard CTRL + ALT + T atau buka Terminal melalui sajian aplikasi.

Kemudian install paket eCryptfs yang kau butuhkan untuk melaksanakan enkripsi dengan memakai perintah berikut di Terminal, kau harus terhubung dengan internet untuk menginstalnya:
sudo apt-get install ecryptfs-utils cryptsetup 
Untuk melaksanakan enkripsi pada direktori home dari sebuah user, kau harus melakukannya dalam keadaan sedang tidak log in dari user tersebut. Dengan begitu berarti kau membutuhkan user akun lainnya dengan jenis Administrator atau mempunyai hak kanal untuk melaksanakan perintah "sudo".


Kamu sanggup menciptakan sebuah user gres dari System Setting, kemudian pilih User Accounts. Buat sebuah user gres dengan jenis atau hak kanal Administrator. Jangan lupa untuk memberi password pada user tersebut biar sanggup digunakan.




Mengenkripsi Direktori Home User di Ubuntu

Setelah berhasil menciptakan sebuah user gres dengan hak kanal Administrator. Keluar atau log out dari user yang ketika ini sedang log in dan kemudian log in dengan memakai user gres yang gres saja kau buat untuk sementara tersebut.

Untuk melaksanakan enkripsi direktori home milik kamu, masukkan perintah berikut di Terminal. Ganti kata "namauser" pada perintah tersebut dengan username dari akun yang ingin kau enkripsi direktori home-nya:
sudo ecryptfs-migrate-home -u namauser 
Direktori home milik kau akan dienkripsi dan kau akan melihat beberapa catatan peringatan penting. Baca dengan baik peringatan-peringatan tersebut.

Kemudian log out dari user sementara tersebut dan log in kembali dengan memakai user orisinil milik kau sebelumnya. Jangan lakukan reboot hingga proses selesai!

Setelah kau berhasil masuk kembali dengan user sebelumnya, akan muncul sebuah jendela "update informasi", kemudian klik tombol “Run this action now” pada jendela tersebut untuk menciptakan sebuah passphrase atau password recovery. Catat dan simpan passphrase tersebut di sebuah kawasan yang aman, jangan hingga hilang, kau akan membutuhkannya kalau kau harus melaksanakan recovery file milik kau secara manual nantinya.


Jika dalam kasus kau tidak muncul jendela "update informasi" pada ketika login sehingga tidak menampilkan passphrase, kau sanggup menjalankan perintah “ecryptfs-unwrap-passphrase” di Terminal untuk melihat passphrase tersebut. Kamu sanggup menjalankan perintah tersebut nantinya kalau kau ingin melihat passphrase lagi.

Mengenkripsi Partisi Swap

Ketika melaksanakan enkripsi direktori home pada ketika proses instalasi Ubuntu, partisi swap milik kau juga akan dienkripsi.

Begitu juga dengan cara ini. Seteleh berhasil melaksanakan enkripsi pada direktori home milik kamu, selanjutnya kau juga harus melaksanakan enkripsi partisi swap. Untuk melakukannya, masukkan perintah berikut di Terminal:
sudo ecryptfs-setup-swap  
Pada Linux, salah satu fungsi partisi swap ialah untuk melaksanakan hibernate. Dengan melaksanakan enkripsi pada partisi swap, kau tidak sanggup memakai fitur hibernate pada Ubuntu kamu.

Hapus File Backup dan Akun Sementara

Setelah proses tersebut selesai, restart Ubuntu kamu. Lakukan restart hingga beberapa kali untuk memastikan bahwa semuanya berjalan dengan baik.

Jika kau sudah sanggup memastikan bahwa semuanya berjalan dengan baik, kau sanggup menghapus file backup dari direktori home yang dibentuk secara otomatis sebelumnya. Kamu juga sanggup menghapus akun user yang kau buat sebelumnya.


Kamu sanggup menghapus file backup dari direktori home tersebut pribadi dari file explorer dengan cara mengaksesnya mengguna hak kanal “sudo”, atau kau sanggup menghapusnya lewat Terminal dengan memakai perintah berikut:
sudo rm -rf /home/user.random 
Hati-hatilah ketika kau memakai perintah ini, sedikit kesalahan sanggup menghapus direktori home orisinil milik kau atau kau sanggup menghapus file atau data penting lainnya dari sistem kalau memasukkan perintah yang salah.

0 Response to "Cara Enkripsi Folder Home Di Ubuntu Sesudah Instalasi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel