Cara Jalankan Aplikasi Yang Memakai File Package Appimage

Cara Jalankan Aplikasi yang Menggunakan File Package AppImage

Cara Jalankan  Aplikasi yang Menggunakan File Package AppImage Cara Jalankan Aplikasi yang Menggunakan File Package AppImage
Cara Jalankan Aplikasi Dengan File Package AppImage




Apa itu AppImage?

Sebagai project open source yang sanggup dikembangkan oleh siapa saja, Linux mempunyai begitu banyak distribusi-distribusi. Distribusi-distrisbusi Linux tersebut mempunyai jenis-jenis file package instalasi yang berbeda yang didasarkan pada beberapa distro besar, menyerupai Debian dengan file package instalasi “deb”, Fedora dengan file package “rpm” dan lainnya.

Banyaknya jenis file package yang ada pada Linux menciptakan para pengembang aplikasi kesulitan dalam mendistribusikan aplikasi-aplikasi yang mereka kembangkan, mereka harus mendistribusikan aplikasi-aplikasi tersebut ke dalam banyak jenis file package berbeda yang ada di Linux.


Untuk mengatasi duduk perkara tersebut diperlukan sebuah jenis file package instalasi yang sanggup berjalan pada semua distro. Dengan begitu akan memudahkan para pengembang aplikasi dalam menditribusikan aplikasi mereka.

Lebih dari itu, hal ini juga akan memudahkan para pengguna Linux dalam memasang dan memakai aplikasi, mereka sanggup memakai file package yang sama pada banyak sekali distribusi Linux dengan memakai satu file yang sama, tanpa perlu mengunduhnya berkali-kali.

Sudah ada beberapa project untuk menciptakan satu buah jenis file package yang sanggup dijalankan di banyak sekali distro Linux, menyerupai Flatpak, Snappy dan sebagainya. Selain Flatpak, Snappy dan sebagainya, ada jenis file package instalasi lain yang sanggup dijalankan di banyak sekali distribusi Linux dengan portable, yaitu AppImage.

AppImage ialah sebuah format file package instalasi yang sanggup dijalankan di banyak sekali distro besar Linux dan turunannya. Dengan AppImage kau hanya membutuhkan satu buah jenis file package, dan sanggup menjalankannya di banyak sekali distro Linux.

AppImage ialah file package yang portable, ini yang membedakan AppImage dengan file package lain menyerupai Flatpak dan sebagainya. Dengan AppImage kau sanggup menjalankan aplikasi tanpa perlu melaksanakan instalasi, kau sanggup menjalankan aplikasi hanya dengan membuka atau menjalankan file package AppImage dari aplikasi tersebut.


AppImage sanggup berjalan pada berbgai distribusi major Linux menyerupai Arch, CentOS, Debian, Ubuntu, OpenSUSE, Redhat, Fedora dan turunannya.




Cara Menjalankan Aplikasi yang Menggunakan File Package AppImage

Untuk menjanlankan aplikasi yang memakai file package jenis AppImage, kau hanya perlu melaksanakan klik ganda pada file package tersebut, kemudian aplikasi akan tebuka secara otomatis. Namun sebelumnya, kau harus mengubah hak saluran pada file tersebut supaya sanggup dihukum sebagai kegiatan atau dijalankan.

Untuk mengubah hak saluran file AppImage, klik kanan pada file tersebut, kemudian akan muncul pop-up. Pilih Properties pada pop-up tersebut untuk mengubah properties yang dimiliki file tersebut.


Lalu akan muncul jendela kecil yang berisi segala properties dari file tersebut. Pada bab atas jendela menu, pilih tab Permissions. Pada tab Permissions tersebut kau sanggup mengubah hak saluran dari file tersebut, ubah hak saluran sampai menjadi menyerupai berikut:

Cara Jalankan  Aplikasi yang Menggunakan File Package AppImage Cara Jalankan Aplikasi yang Menggunakan File Package AppImage
Beri Hak Akses Pada File Agar Dapat Dieksekusi
Ubah hak saluran owner menjadi Read and Write. Sedangkan yang lain, biarkan hak saluran dengan Read-only. Jangan lupa untuk mencentang box pada goresan pena Allow executing file as a program supaya file sanggup dijalankan sebagai sebuah program.

Kemudian sehabis selesai, keluar dari hidangan jendela tersebut. Untuk menjalankan aplikasi, cukup kilk ganda pada file package AppImage dari aplikasi tersebut, kemudian aplikasi akan terbuka atau berjalan secara otomatis.


Cara Menjalankan Aplikasi yang Menggunakan File Package AppImage Melalui Terminal

Selain melalui interfaces Grafis, kau juga sanggup mengeksekusi atau menjalankan aplikasi yang memakai file package AppImage dari Terminal. Buka Terminal pada Linux kau dengan menekan kombinasi keyboard CTRL + ALT + T atau buka Terminal melalui hidangan aplikasi.


Kemudian masuk ke direktori dimana file package AppImage kau tersimpan. Jika file package AppImage kau terletak pada folder Downloads, masuk ke direktori Downloads dengan memakai perintah “cd”. Begitupun juga bila file AppImage kau berada pada direktori lainnya.

Ubah hak saluran supaya file tersebut supaya sanggup dihukum ataupun dijalankan. Ubah hak saluran pada file tersebut dengan memasukkan perintah berikut pada Terminal:
chmod +x nama_file.AppImage
Ganti kata “nama_file.AppImage” pada perintah tersebut dengan nama file dari aplikasi yang ingin kau jalankan.

Sebagai contoh, bila kau ingin menawarkan hak saluran pada file package AppImage dari aplikasi Etcher yang mempunyai nama file “Etcher-1.0.0-rc.5-linux-x64.AppImage”, kau sanggup memasukkan perintah berikut:
chmod +x Etcher-1.0.0-rc.5-linux-x64.AppImage 
Setelah selesai menawarkan hak akses, kau sanggup menjalankan aplikasi dari file package AppImage dengan memasukkan perintah berikut di Terminal:
./Etcher-1.0.0-rc.5-linux-x64.AppImage
Jangan lupa untuk mengganti kata “Etcher-1.0.0-rc.5-linux-x64.AppImage” pada perintah tersebut dengan nama file AppImage dari aplikasi yang ingin kau jalankan.

Kemudian aplikasi yang kau jalankan tersebut akan otomatis terbuka, dan kau sanggup menggunakannya.


Ketika kau mengeksekusi aplikasi dari file package AppImage, aplikasi tersebut tidak terinstall, melainkan berjalan secara portable, sehingga kau tidak akan menemukannya di hidangan aplikasi. Untuk menjalankannya di lain waktu, kau hanya perlu mengeksekusi ulang menyerupai yang kau lakukan pada langkah terakhir. Kamu juga sanggup membuka langsung  dengan melaksanakan klik ganda pada file tersebut.

0 Response to "Cara Jalankan Aplikasi Yang Memakai File Package Appimage"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel