Cara Mengatasi Error Tidak Dapat Mount Partisi Windows Di Linux

Cara Mengatasi Error Linux Tidak Bisa Melakukan Mount Partisi NTFS Windows

 Cara Mengatasi Error Linux Tidak Bisa Melakukan Mount Partisi NTFS Windows  Cara Mengatasi Error Tidak Bisa Mount Partisi Windows di Linux
Cara Mengatasi Error Tidak Bisa Mount Partisi Windows di Linux

Kenapa Linux Tidak Dapat Melakukan Mount Partisi Windows



Jika kau melakuan dua sistem operasi atau dual boot distribusi Linux dengan sistem operasi Windows 10, Windows 8.1 atau Windows 8 pada perangkat kamu. Kamu niscaya akan sering menemukan error atau kesalahan pada Linux ketika mencoba membuka atau melaksanakan mount partisi yang ada pada sistem operasi Windows.


Biasanya muncul pesan gagal melaksanakan mount partisi dari sistem operasi Windows tersebut dengan alasan partisi tersebut berisi file sistem yang tidak bersih, menyerupai pada ilustrasi gambar header di atas atau menyerupai berikut:
Error mounting /dev/sda6 at /media/sudoway/Multimedia: Command-line `mount -t "ntfs" -o "uhelper=udisks2,nodev,nosuid,uid=1000,gid=1000" "/dev/sda6" "/media/sudoway/Multimedia"' exited with non-zero exit status 14: The disk contains an unclean file system (0, 0). Metadata kept in Windows cache, refused to mount.  Failed to mount '/dev/sda6': Operation not permitted  The NTFS partition is in an unsafe state. Please resume and shutdown  Windows fully (no hibernation or fast restarting), or mount the volume  read-only with the 'ro' mount option
Hal ini disebabkan oleh fitur fast startup yang ada pada sistem operasi Windows 10, Windows 8.1 dan Windows 8. Biasanya pada ketika proses shutdown sebuah perangkat, semua metadata file sistem akan dibersihkan, namun ternyata hal ini tidak dilakukan pada Windows 10, Windows 8.1 dan Windows 8 lantaran fitur fast startup tersebut.
Fitur fast startup yang ada pada Windows tersebut menyimpan metada dari file sistem berupa cache dan registry pada ketika komputer dimatikan, hal ini bertujuan semoga komputer sanggup melaksanakan startup lebih cepat pada ketika dihidupkan.

Fitur fast startup tersebut yang menciptakan Linux tidak sanggup melaksanakan mount partisi Windows lantaran pada disk tersebut masih terdapat metadata berupa cache dan registry dari sistem operasi Windows sengaja disimpan.


Mengatasi Linux Tidak Bisa Mount Partisi Windows 10, 8.1, dan 8

Agar Linux sanggup melaksanakan mount partisi dari sistem operasi Windows tersebut, kau sanggup memakai perintah “ntfsfix” pada Linux untuk memperbaiki atau membersihkan disk dari metada, sehingga partisi Windows sanggup di mount dan dibuka pada Linux.



Buka Terminal pada Linux kau dengan menekan kombinasi keyboard CTRL + ALT + T atau buka Terminal melalui sajian aplikasi.

Masukkan perintah berikut pada Terminal untuk membersihkan partisi Windows yang ingin kau buka atau mount pada linux:
sudo ntfsfix /dev/sda6
 
Ganti kata “/dev/sda6” pada perintah tersebut dengan partisi pada perangkat kau yang ingin dibuka atau mount. Kamu sanggup melihat nama partisi (misalnya : /dev/sda6) tersebut pada pesan pemberitahuan error sebelumnya.

Setelah proses fix final dan berhasil. Coba lakukan mount atau buka kembali partisi Windows yang ingin kau buka pada Linux melalui file manager. Partisi tersebut akan terbuka tanpa ada lagi pemberitahuan error. 

Penutup dan Tindakan Lanjut

Ketika kau menghidupkan sistem operasi Windows kembali nantinya, kemudian kembali memakai Linux, mungkin kau akan mengalami problem yang sama, Linux tidak sanggup melaksanakan mount partisi dari sistem operasi Windows.

Itu lantaran cara diatas tidak mengatasi problem tersebut secara permanen, sehingga kalau kau kembali memakai sistem operasi Windows dan kemudian memakai Linux, kau akan mengalami problem gagal mount yang sama. Untuk mengatasinya kau sapat memasukkan perintah tersebut kembali.


Jika kau ingin mengatasi problem tersebut secara permanen, kau harus melakukannya dengan cara mematikan fitur fast startup yang ada pada sistem operasi Windows kamu.

0 Response to "Cara Mengatasi Error Tidak Dapat Mount Partisi Windows Di Linux"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel