Install Node.Js Dan Npm Terbaru Di Ubuntu

Install Node.js dan NPM Terbaru di Ubuntu

 Javascript yang dibangun memakai Chrome Install Node.js dan NPM Terbaru di Ubuntu
Install Node.js dan NPM di Ubuntu

Apa itu Node.js?

Node.js yakni sebuah runtime Javascript yang dibangun memakai Chrome's V8 JavaScript engine yang berfungsi untuk mengeksekusi arahan Javascript di sisi server. Jika biasanya Javascript dipakai untuk mengeksekusi arahan di sisi client, dengan memakai Node.js, Javascript bisa dipakai pada sisi server.


Dengan adanya Node.js menciptakan Javascript sebagai bahasa pemrograman yang ada dimana-dimana. Sehingga kau bisa menciptakan sebuah aplikasi web hanya dengan memakai sebuah pemrograman Javascript.

Node.js pertama kali diciptakan oleh Ryan Lienhart Dahl. Pada pertama kali kemunculannya pada tahun 2009, Node.js diciptakan dan diperkenalkan untuk sistem Linux, namun kini Node.js sudah menjadi software cross platform.

Node.js merupakan software open source dan cross platform yang bisa dipakai di banyak sekali platform, baik di Linux, Mac OS X, Solaris, FreeBSD, OpenBSD ataupun Windows. Sebagai aplikasi open source Node.js berada dibawah lisensi MIT License.

Node.js memakai sebuah event-driven, non-blocking I/O model yang membuatnya menjadi ringan dan bisa bekerja dengan efisien. Node.js memakai npm sebagai package manager, yang merupakan ekosistem terbesar dari library open source di dunia.


     style="display:inline-block;width:336px;height:280px"
     data-ad-client="ca-pub-9201441298846648"
     data-ad-slot="9498606412">



Install Node.js dan NPM di Ubuntu

Node.js sudah tersedia secara default di official repository Ubuntu. Jika kau memakai distro Ubuntu atau turunannya, dan ingin menginstall Node.js pada perangkat kamu, kau bisa pribadi menginstalnya tanpa perlu menambahkan repository perhiasan lain.


Buka Terminal dengan menekan kombinasi keyboard CTRL + ALT + T atau melalui hidangan aplikasi. Kemudian masukkan perintah berikut di Terminal untuk melaksanakan update repository dan menginstall Node.js:
sudo apt-get update  sudo apt-get install nodejs 
Tunggu proses update dan instalasi Node.js sampai selesai. Pastikan instalasi berhasil dan tidak ada error. Di Node.js kau akan membutuhkan npm sebagai package manager.

Untuk menginstall npm di Ubuntu atau turunannya, kau hanya perlu masukkan perintah berikut di Terminal:
sudo apt-get install npm
Tunggu proses instalasi sampai selesai dan pastikan instalasi berhasil dengan baik tanpa adanya error.

Install Node.js Terbaru dan NPM Terbaru di Ubuntu Menggunakan PPA Repository

Pada official repository Ubuntu, biasanya Node.js yang disediakan bukan merupakan versi yang terbaru. Jika kau ingin memakai versi terbaru dari Node.js, baik versi terakhir LTS atau versi terbaru ketika ini. Kamu sanggup menginstallnya dengan memakai PPA repository.


Node.js tersedia dalam dua versi yang bisa kau gunakan yaitu versi LTS dan versi ketika ini. Versi LTS yakni versi yang lebih stabil dan menerima pemberian yang lama. Sedangkan versi ketika ini yakni versi terbaru dengan banyak sekali fitur-fitur baru. Pilih versi Node.js yang ingin kau gunakan.

Versi terkahir dari Node.js LTS yakni Node.js 6.11.0. Node.js 6.11.0 akan mempunyai pemberian sampai April 2018.

Jika kau ingin memakai Node.js versi LTS terakhir, masukkan perintah berikut di Terminal untuk menambahkan PPA repository. Kamu sanggup meng-copy perintah tersebut dan kemudian paste di Terminal dengan menekan kombinasi keyboard CTRL + ALT +T:
curl -sL https://deb.nodesource.com/setup_8.x | sudo -E bash -
Sedangkan versi terbaru dari Node.js ketika ini yakni Node.js 8.1.3. Jika kau ingin memakai Node.js versi terbaru ketika ini, masukkan perintah berikut di Terminal untuk menambahkan PPA repository dari Node.js versi ketika ini.

Kamu sanggup meng-copy perintah berikut dan kemudian paste di Terminal dengan menekan kombinasi keyboard CTRL + ALT +T:
curl -sL https://deb.nodesource.com/setup_6.x | sudo -E bash -
Tunggu proses penambahan PPA repository sampai selesai dan pastikan tidak error pada ketika proses instalasi.

Jika sudah selesai dan berhasil dengan baik, kini kau sanggup menginstall Node.js dan npm. Ketika menginstall Node.js, npm juga akan ikut terinstall secara otomatis alasannya yakni sudah berada dalam satu paket. Makara kau tidak perlu menginstall npm secara manual.

Masukkan perintah berikut di Terminal untuk menginstall Node.js:
sudo apt-get install nodejs 
Tunggu proses instalasi sampai selesai dan pastikan instalasi berhasil tanpa adanya error. Jika sudah berhasil, cek versi Node.js dan npm yang terinstall dengan memakai perintah berikut:
node -v  npm -v 

style="display:block; text-align:center;"
data-ad-format="fluid"
data-ad-layout="in-article"
data-ad-client="ca-pub-9201441298846648"
data-ad-slot="4906956419">


0 Response to "Install Node.Js Dan Npm Terbaru Di Ubuntu"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel