Install Atom Di Linux, Text Editor Yang Hackable

Install Text Editor Atom di Linux, Text Editor Open Source yang Hackable untuk Abad 21

 Text Editor Open Source  yang Hackable untuk Abad  Install Atom di Linux, Text Editor yang Hackable
Install Atom di Linux, Text Editor yang Hackable
Atom yaitu sebuah text editor yang dikembangkan oleh Github bersama dengan para penggiat komunitas.  Atom disebut-sebut sebagai salah satu text editor paling terkenal dan banyak dipakai dikala ini.
Tentu saja hal ini tidak lepas dari kemampuan dan kenyaman yang dimiliki oleh Atom sendiri. Atom sendiri memperlihatkan tagline kepada dirinya sendiri sebagai “A hackable text editor for the 21st Century” yang bisa di sesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan.


Atom merupakan text editor yang open source. Atom dikembangkan oleh para komunitas developer atau programmer yang membuatnya sesuai dengan kebutuhan para programmer. Sebagai aplikasi open source Atom berada dibawah lisensi MIT License.

Atom dibentuk dengan memakai HTML, CSS, Javascript dan Nodejs. Atom berbasis pada Electron, sebuah framework yang dipakai untuk menciptakan aplikasi dektop untuk banyak sekali platform, namun dengan memakai teknologi web.

Kepopuleran Atom tidak lepas dari banyak sekali kelebihan yang dimiliknya. Atom mendukung banyak sekali bahasa pemrograman dikala ini dan juga mempunyai ribuan plugin yang bisa digunakan.

Beberapa bahasa pemrograman yang didukung oleh atom diantaranya yaitu bahasa pemrograman C/C++, C#, Clojure, CSS, CoffeeScript, GitHub Flavored Markdown, Go, Git, HTML, JavaScript, Java, JSON, Julia, Less, Make, Mustache, Objective-C, PHP, Perl, Property List (Apple), Python, Ruby on Rails, Ruby, Sass, Shell script, SQL, TOML, XML, YAML.


     style="display:inline-block;width:336px;height:280px"
     data-ad-client="ca-pub-9201441298846648"
     data-ad-slot="9498606412">


Selain mendukung banyak bahasa pemograman. Atom juga bisa dipakai sebagai IDE (Integrated Development Environment). Atom mempunyai banyak fitur-fitur yang membantu para developer dan programmer.

Fitur-Fitur Text Aditor Atom

Beberapa fitur-fitur yang dimiliki Atom:

 

 1. Smart autocompletion.

Smart autocompletion yaitu fitur yang memunkinkan code yang kau tulis akan dilengkapi secara otomatis dengan banyak sekali prediksi berakal yang bisa kau pilih.

Fitur ini akan memudahkan kau dalam menulis code, kau tidak perlu mengetik keseluruhan sebuah code, kau bisa menyelesaikannya dengan menentukan prediksi-prediksi berakal yang diberikan oleh Atom.

 

 2. Multiple panes.

Multiple panes yaitu fitur yang memungkinkan kau membagi interfaces dari Atom dalam multiple jendela. Dengan begitu kau bisa menampilkan dua buah file berbeda secara bersamaan dengan melaksanakan split jendela.


Fitur ini akan sangat membantu kalau kau ingin membandingkan dua buah file, menyontoh atau berguru dari sebuah file yang lain, atau mengerjakan dua buah file secara bersamaan menyerupai dikala kau melaksanakan styling dengan CSS pada file yang berbeda.

 

 3. Find and replace.

Find and replace yaitu sebuah fitur pada text editor Atom yang berfungsi untuk menemukan atau mencari sebuah code atau syntax tertentu dalam sebuah file, kemudian kau sanggup mengganti atau melaksanakan replace pada syntax tersebut dengan syntax lain yang kau inginkan.

 

 4. Customizable

Atom juga customizable. Kamu bisa melaksanakan kustomisasi pada Atom sesuai dengan yang kau inginkan. Ketika menginstall Atom, Atom sudah menyediakan empat User Interfaces (UI) dan delapan 8 tema secara default yang bisa kau pilih.

Jika kau tidak menyukai tema yang disediakan tersebut, kau bisa mengunduh dan menginstall tema-tema lainnya yang dibentuk oleh para komunitas Atom, ada banyak tema yang bisa kau pilih. Kamu juga bisa menciptakan tema milik kau sendiri untuk Atom.

5. Terinstegrasi Dengan Git dan Github

Dalam rilis terbarunya yaitu Atom 1.18, Atom sudah sanggup diinstegrasikan dengan Git dan Github. Fitur ini akan memungkin kau untuk melaksanakan commit, pull, push dan lain-lainya di Atom. Tambahan fitur ini terasa sangat masuk akal alasannya yaitu Atom dikembangkan oleh Github sendiri.

 

 6. Built-in package manager.

Atom mempunyai banyak package-package yang bisa kau gunakan menambahkan fungsi embel-embel pada Atom. Kamu bisa menentukan ribuan package yang tersedia yang bisa kau gunakan untuk menambah fungsi atau fitur lainnya yang kau butuhkan.


Selain fitur-fitur tersebut ada banyak fitur-fitur lain yang bisa kau temukan di Atom. Atom merupakan aplikasi cross platform yang bisa dipakai di banyak sekali sistem operasi mencakup Linux, Windows dan Mac OS X.

 

Install Atom di Debian, Ubuntu dan Turunannya

Jika kau memakai Debian, Ubuntu atau turunan dari distro tersebut. Kamu sanggup menginstall Atom pada perangkat kau dengan memakai file package “.deb”. Unduh file package instalasi dari Atom di halaman website Atom ini.

Unduh file instalasi Atom yang berformat “.deb” dan tunggu proses unduhan sampai selesai. Jika sudah selesai, file unduhan tersebut akan berada pada folder Downloads.

Buka Terminal pada Linux kau dengan menekan kombinasi keyboard CTRL + ALT + T atau buka Terminal melalui hidangan aplikasi.

Karena file hasil unduhan tersebut berada pada folder Downloads, masukkan perintah berikut pada Terminal untuk masuk ke folder Downloads:
cd  /Downloads
Setelah berhasil masuk ke folder Downloads, kau sanggup menginstall Atom dengan memakai perintah berikut:
sudo dpkg -i atom-amd64.deb 
Sesuaikan kata “atom-amd64.deb” pada perintah tersebut dengan nama file instalasi dari file package Atom hasil unduhan kau sebelumnya. Karena file tersebut bisa saja mempunyai nama yang berbeda berbeda kalau kau mengunduh Atom di waktu yang beda.


Kemudian tunggu proses instalasi sampai selesai. Jika proses instalasi simpulan dan berhasil dengan baik. Kamu sanggup membuka text editor Atom dengan mengetikkan “atom” di Terminal atau kau sanggup menciptakan Atom melalui hidangan aplikasi.

     style="display:block; text-align:center;"
     data-ad-format="fluid"
     data-ad-layout="in-article"
     data-ad-client="ca-pub-9201441298846648"
     data-ad-slot="4906956419">

0 Response to "Install Atom Di Linux, Text Editor Yang Hackable"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel