Cara Memakai Terminal Linux Melalui Web Browser

Cara Menggunakan Terminal Linux Melalui Web Browser

Cara Menggunakan Terminal Linux Melalui Web Browser  Cara Menggunakan Terminal Linux Melalui Web Browser
Cara Menggunakan Terminal Linux Melalui Web Browser
Selain memakai Terminal di aplikasi Terminal emulator atau console. Dengan memakai Terminus, kau juga bisa memakai Terminal melalui web browser.

Tentu saja memakai Terminal melalui hidangan aplikasi sudah cukup baik dan sangat mumpuni. Namun tidak ada salahnya kalau kau ingin mencoba memakai Terminal melalui web browser.


Setelah mencobanya mungkin kau akan menyukainya atau kau bisa mencobanya untuk sekedar menambah ilmu atau pengetahuan kamu. Kamu juga bisa memanfaatkannya untuk keperluan tertentu.

Terminus ialah sebuah Terminal emulator yang mempunyai kemampuan untuk menciptakan dan memanipulasi baris HTML inline dengan pemanis teks biasa. Terminus berjalan di web browser menyerupai Mozilla Firefox, Google Chrome, dan web browser lainnya.


     style="display:inline-block;width:336px;height:280px"
     data-ad-client="ca-pub-9201441298846648"
     data-ad-slot="9498606412">


Kamu bisa memakai Terminus sama menyerupai memakai Terminal biasa pada umumnya, dengan memasukkan perintah-perintah yang sama layaknya perintah-perintah yang biasa kau masukkan pada Terminal umumnya, menyerupai cd, mkdir, ls, rm, rmdir dan sebagainya.

Selain perintah-perintah pada umumnya, Terminus juga mempunyai perintah-perintah pemanis yang bisa memudahkan pekerjaan kamu, menyerupai "show" untuk menampilkan gambar pada Terminal dan beberapa perintah-perintah lain.

Terminus sanggup berjalan pada sistem operasi Linux dan sistem operasi lainnya yang merupakan Unix-based. Untuk memakai Terminus, kita akan membutuhkan Node.js dan npm.


Cara Install Terminus Server Untuk Menjalankan Terminal di Browser

Untuk menginstall Terminus pada Linux kamu. Pertama, unduh source code dari Terminus di halaman Github milik pengembang Terminus berikut ini. Download source code tersebut dalam format file Zip.

Tunggu proses download sampai selesai. File hasil unduhan tersebut akan berada pada folder Downloads dan berjulukan “terminus-master.zip”.


Buka Terminal pada Linux kau dengan menekan kombinasi keyboard CTRL + ALT + T atau kau bisa membuka Terminal melalui hidangan aplikasi.

Karena file hasil unduhan dari Terminus berada pada folder Downloads, masukkan perintah berikut di Terminal untuk masuk ke folder Downloads:
cd  /Downloads
File hasil unduhan tersebut masih terkompres dalam arsip file berformat “.zip”. Untuk mengekstrak file zip tersebut, masukkan perintah berikut di Terminal:
unzip terminus-master.zip
Tunggu proses ekstrak file zip tersebut sampai final dan pastikan berhasil dengan baik.

Terminus membutuhkan Node.js dan npm semoga sanggup dipasang dan berjalan. Sebelumnya, periksa dan pastikan apakah pada Linux kau sudah terinstall Node.js dan npm.

Jika Linux kau belum terinstall Node.js dan npm, kau bisa melaksanakan instalasi Node.js dan npm dengan memasukkan perintah berikut di Terminal:
sudo apt-get install node
Tunggu proses instalasi sampai selesai. Saat menginstall Node.js, npm juga akan otomatis terinstall pada perangkat. Jika kau mempunyai hambatan pada ketika menginstall Node.js dan npm, untuk lebih lanjut kau bisa mengikuti tutorial cara menginstall Node.sj dan npm berikut.

Jika sudah mempunyai atau berhasil menginstall Node.js dan npm pada Linux kamu, selanjutnya dari folder Downloads, masuk ke direktori server Terminus dengan mengetikkan perintah berikut di Terminal :
cd /terminus-master/server 
Setelah berhasil masuk ke folder server, kemudian jalankan perintah npm install pada Terminal menyerupai berikut:
npm install 
Kemudian tunggu proses instalasi sampai selesai. Setelah selesai, kau sanggup menjalankan server Terminus dengan mengetikkan perintah berikut di Terminal.
node terminus-server.js server.yaml
Setelah server Terminus sudah berhasil berjalan, kau sudah sanggup memakai Terminal melalui web browser.


Untuk memakai Terminal melalui web browser. Buka web browser yang kau gunakan, pengembang Terminus menyarankan Google Chrome untuk menjalankan Terminus, namun tidak akan duduk perkara kalau kau memakai Mozilla Firefox.

Masukkan alamat “http://localhost:8181/bash” pada web browser untuk menjalankan Terminus atau membuka Terminal melalui web browser.


0 Response to "Cara Memakai Terminal Linux Melalui Web Browser"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel