Install Gnome Pomodoro, Aplikasi Untuk Tingkatkan Produktifitas Kerja

Tingkatkan Produktifitas Waktu Kerja Kamu Dengan Menggunakan Aplikasi GNOME Pomodoro

Tingkatkan Produktifitas Waktu Kerja Kamu Dengan Menggunakan Aplikasi GNOME Pomodoro Install GNOME Pomodoro, Aplikasi untuk Tingkatkan Produktifitas Kerja
GNOME Pomodoro, Aplikasi untuk Tingkatkan Produktifitas Kerja

Apa itu Pomodoro?

Pomodoro ialah sebuah teknik mengatur waktu bekerja yang diciptakan oleh Francesco Corillo pada tahun 1992. Teknik Pomodoro memecah-mecah waktu bekerja dalam beberapa sesi yang mempunyai panjang selama 25 menit. Dengan teknik ini, kau sanggup bekerja dengan lebih efektif.

Kamu akan bekerja dalam waktu 25 menit di setiap sesi, dalam 25 menit itu kau harus bekerja dengan fokus tanpa perlu memikirkan hal-hal lain. Setelah waktu 25 menit habis, kau mempunyai waktu 5 menit untuk melaksanakan istirahat supaya pikiran kau kembali segar dan kemudian melanjutkan pekerjaan sesudah waktu istirahat selesai. Setiap 4x25 menit, kau akan mempunyai waktu istirahat yang lebih panjang, yaitu 15 menit.


Sebenarnya kau sanggup menyesuaikan waktu-waktu tersebut sesuai dengan waktu yang kau butuhkan dan kau anggap efektif. Hanya saja waktu-waktu tersebut ialah waktu standar, 25 menit untuk bekerja dianggap sebagai waktu yang paling ideal alasannya tidak terlalu usang dan tidak terlalu sebentar, begitu juga dengan 5 menit waktu istirahat dan 15 menit waktu istirahat panjang.

Teknik ini banyak dipakai oleh orang-orang untuk mengatur waktu kerja mereka menjadi lebih efektif. Untuk membantu kau memakai teknik mengatur waktu ini, kau sanggup memakai aplikasi-aplikasi yang tersedia untuk Smartphone ataupun Desktop.

Di Linux sendiri, kau sanggup memakai sebuah aplikasi dari GNOME yang berjulukan GNOME Pomodoro.




Apa itu GNOME Pomodoro?

GNOME Pomodoro mempunyai banyak fitur-fitur yang membantu mangatur waktu kerja kau dengan memakai teknik Pomodoro. Kamu sanggup mengatur waktu kerja, istirahat dan istirahat panjang dari Teknik Pomodoro di aplikasi ini sesuai dengan waktu yang kau butuhkan.

Ketika waktu bekerja kau sudah selesai, GNOME Pomodoro akan menampilkan pemberitahuan yang muncul dalam tampilan layar penuh beserta bunyi notifikasi untuk memberitahukan kau supaya sanggup mengambil istirahat sehingga kau menjadi lebih segar.


GNOME Pomodoro juga memliki indikator pada menu kafe Desktop kamu, yang akan menampilkan penghitungan waktu mundur ketika kau mengaktifkan Pomodoro, sehingga kau sanggup melihat berapa usang waktu sudah berjalan. Dari indikator tersebut, kau juga sanggup melaksanakan pause, stop, melaksanakan pengaturan dan hal-hal lainnya dari aplikasi GNOME Pomodoro.

Selain itu banyak fitur lainnya menyerupai menghidupkan bunyi jarum jam dikala kau bekerja sehingga kau sadar kau sedang dalam waktu untuk fokus bekerja, serta fitur-fitur lainnya.

 

Cara Install GNOME Pomodoro di Ubuntu dan Debian

Jika kau memakai distribusi Debian dan Ubuntu, kau sanggup melaksanakan instalasi GNOME Pomodoro melalui paket instalasi “.deb”. Kamu sanggup mengunduh paket instalasi dari halaman website GNOME Pomodoro berikut.

Pilih dan unduh paket instalasi dari GNOME Pomodoro sesuai dengan sistem yang kau gunakan. Untuk distribusi Ubuntu, file package instalasi hanya tersedia untuk versi Ubuntu 16.04, Ubuntu 16.10, dan Ubuntu 17.04. Jika kau memakai Ubuntu versi sebelumnya, kau harus melaksanakan instalasi dari source code. Sedangkan untuk distribusi Debian, file package instalasi dikala ini hanya tersedia untuk Debian 8.


Tunggu proses unduhan sampai selesai, file package hasil unduhan tersebut akan berada pada folder Downloads. Kemudian buka Terminal dengan menekan kombinasi keyboard CTRL + ALT + T pada keyboard kau atau buka Teminal melalui hidangan aplikasi.

Masuk ke folder Downloads dengan mengetikkan perintah berikut di Terminal:
cd Downloads 
Setelah berhasil masuk ke folder Downloads, selanjutnya kau sanggup melaksanakan instalasi GNOME Pomodoro pada Ubuntu atau Debian kau dengan memasukkan perintah berikut di Terminal:
sudo dpkg -i gnome-pomodoro_0.12.2-1_amd64.deb
Ganti kata “gnome-pomodoro_0.12.2-1_amd64.deb” pada perintah tersebut sesuai dengan nama file package hasil unduhan GNOME Pomodoro yang kau unduh. Karena kalau kau mengunduh versi yang berbeda, file tersebut juga akan mempunyai nama yang berbeda.

Tunggu proses instalasi sampai simpulan dan pastikan instalasi berhasil dengan baik tanpa adanya pemberitahuan error. Jika sudah selesai, kau sanggup mulai memakai GNOME Pomodoro untuk mengatur waktu kamu.


0 Response to "Install Gnome Pomodoro, Aplikasi Untuk Tingkatkan Produktifitas Kerja"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel